Pertamina - Pertagas Niaga Tambah Sambungan Jargas di Balikpapan

Pertamina - Pertagas Niaga Tambah Sambungan Jargas di Balikpapan
Peresmian jargas bagi 5.000 rumah tangga di Balikpapan / Sumber: Pertamina

Untuk kedua kalinya, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mendapatkan program jaringan gas bumi (jargas) bagi rumah tangga dari pemerintah. Dalam melaksanakan program jargas ini, PT Pertamina (Persero) menyinergikan afiliasinya dengan PT Pertagas Niaga untuk melayani kebutuhan dari hulu hingga hilirnya.

Pengoperasian jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) ini diresmikan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, Rabu 27 Maret 2019.

Baca juga: BBM Satu Harga Pertamina Sapa Kepulauan Aru

Menurut Dwi Soetjipto, selain untuk mengurangi subsidi LPG dan mengoptimalkan pemanfaatan gas alam nasional, pemerintah berharap program jaringan gas kota punya dampak signifikan untuk meringankan beban masyarakat.

Menurut Dwi Soetjipto, Jargas di Kota Balikpapan ini tersebar di Kelurahan Sumber Rejo, Karang Jati, Karang Rejo, dan Gunung Sari Ulu. Sebelumnya, pada tahun 2016, sebanyak 3.849 SR telah terpasang di rumah warga.

Menyikapi hal ini, Direktur Logistik Supply Chain dan Infratruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo dalam keterangan resmi perusahaan, Kamis 28 Maret 2019 menegaskan, Gasnya diperoleh dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur selanjutnya pengelolaan city gas/jargas dilakukan PT Pertagas Niaga.

Sementara itu, kebahagiaan juga dirasakan dirasakan warga di Kelurahan Nenang, Kabupaten Penajam Paser Utara. Pasalnya, sebanyak 4.260 SR juga diresmikan Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio didampingi oleh Bupati PPU Abdul Gafur Masud.

Baca juga: Komisaris Utama Pertamina Berbagi Tips Agar Milenial Aceh Sukses Bersaing

Jargas di Kabupaten PPU merupakan yang pertama kali dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2018. Jargas Kabupaten PPU ini tersebar di Kelurahan Nenang, Penajam, Nipah-Nipah, Gunung Seteleng dan Sungai Parit.

Perlu diketahui, sejak dibangun pertama kali pada tahun 2009, total SR jargas yang terbangun dengan dana APBN hingga saat ini mencapai 325.773 SR yang terdistribusi di 16 provinsi, 40 kabupaten/kota. Pada tahun 2019 rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi.