Pertamedika IHC Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi OSS

Pertamedika IHC Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi OSS
Pertamedika IHC luncurkan OSS (Sumber: dok. Pertamedika)

PT Pertamedika IHC meluncurkan Sistem Layanan Kesehatan terintegrasi bernama One Solution System (OSS). Layanan tersebut akan digunakan di 73 rumah sakit BUMN.

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC. Sistem tersebut  menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi teknologi perawatan kesehatan Indonesia.

Implementasi ini didukung penuh oleh Google Cloud Indonesia dengan memberikan bantuan teknologi melalui EBconnect. Satu sumber tepercaya untuk data pasien. Mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin (check-up) hingga pencitraan medis, industri pelayanan kesehatan sangat mengandalkan data untuk mendorong peningkatan kualitas perawatan pasien. 

Platform OSS yang dimiliki oleh Pertamedika IHC akan menjadi satu sumber tepercaya bagi informasi medis pasien dalam bentuk digital. Di dalamnya termasuk informasi alergi, penyakit, hasil pemeriksaan laboratorium, pengobatan, prosedur bedah dan lain-lain. Bahkan, melalui platform tersebut, terintegrasi pula data dari aplikasi telemedis seluler yang merupakan aplikasi berbasis Android yang baru saja diluncurkan yakni IHC Telemed. 

Sistem OSS dibangun dengan teknologi Google Cloud. Artinya, Pertamedika IHC juga dapat memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yang aman, fleksibel dan terhubung untuk memperluas skala penerapan sistem ini ke seluruh jaringan rumah sakit secara nasional.

Baca juga: Pasca Insiden Kebakaran, Kilang Balongan Kembali Beroperasi Normal