Pertamina Gandeng Sucofindo Tingkatkan Implementasi TKDN

Pertamina Gandeng Sucofindo Tingkatkan Implementasi TKDN
Sucofindo - Pertamina jalin kerja sama (Sumber: dok. Sucofindo)

PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Sucofindo dalam peningkatan TKDN dalam proyek pembangunan infrastruktur Pertamina Group. Sucofindo nantinya akan melakukan pendampingan, perencanaan dan verifikasi capaian TKDN pada proyek Pertamina Group. 

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang diwakili oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero), Bachder Djohan Buddin dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produk dan jasa dalam negeri sebagai langkah nyata mendorong perekonomian nasional.

Pada kerjasama ini, Pertamina menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), PT Superintending Company of Indonesia (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero). Pihak-pihak tersebut telah menandatangani komitmen bersama pada Selasa 1 Desember 2020 di Jakarta.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan yang menyaksian prosesi penandatanganan tersebut menegaskan bahwa penggunaan local content dapat membantu perekonomian nasional. Terlebih saat ini ekonomi nasional tengah terguncang akibat pandemi. 

“Dengan cara inilah kita dapat membantu rakyat Indonesia keluar dari krisis yang terjadi saat ini,” katanya dalam sambutan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina  akan memastikan terwujudnya implementasi TKDN pada setiap proyek dan proses bisnis di Pertamina Group.

“Pertamina juga berkomitmen untuk memastikan implementasi TKDN di seluruh proses usahanya. Dan hal ini berlaku di seluruh lini usaha mulai dari hulu hingga hilir," ungkap Nicke. 

Penggunaan TKDN dimulai dari perencanaan hingga implementasi dan evaluasi. Pihaknya berharap agar tercipta lapangan pekerjaan untuk lebih banyak masyarakat Indonesia dan mendorong perekonomian nasional.

Baca juga: PHE West Madura Offshore Aktifkan Kembali Anjungan PHE-12 dengan Produksi 1.000 BOPD