Pertamina Gandeng PLN dan PT LEN Industri Kembangkan Bisnis EBT

Pertamina Gandeng PLN dan PT LEN Industri Kembangkan Bisnis EBT
Pertamina Gandeng PLN dan PT LEN Industri Kembangkan Bisnis EBT/Sumber: Pertamina

Guna mewujudkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025, Pertamina melakukan Heads of Agreement tentang kerja sama di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia adengan PLN, dan PT LEN Industri, di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis 3 Oktober 2019.

"Hal ini merupakan upaya Pertamina mewujudkan energi baru terbarukan yang pada tahun 2025 bauran EBT sebesar 23%. Ini adalah komitmen Pertamina bersama dua BUMN lainnya yaitu PT Perusahaan Listrik Negara dan PT LEN Industri," jelas Direktur Utama Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam keterangan resmi, Jumat 4 Oktober 2019.

Pertamina dalam hal ini sebagai pemegang saham dalam pengembangan PLTS yang bekerja sama dengan PT PLN dan PT LEN Industri sudah memiliki pasar pertamanya, yakni seluruh BUMN.

Baca juga: Pertamina Group Borong Sembilan Penghargaan Subroto 2019

"Sebagai pasar pertama dalam pengembangan PLTS ini ialah seluruh BUMN. Selanjutnya, kami akan masuk ke pasar global, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri," ungkapnya kembali.

Penandatanganan Heads Of Agreement tersebut disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. Ia mengapresiasi sinergi ketiga BUMN tersebut. Dalam penandatanganan Head Of Agreement tersebut hadir pula Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani dan PT LEN Industri Zakky Gamal Yasin.

"Sejalan dengan roadmap pemanfaatan green energy di Indonesia, kerja sama ini merupakan kerja sama strategis antarperusahaan BUMN yang berdampak baik pada peningkatan kinerja masing-masing perusahaan maupun bagi negara," pungkasnya.

Baca juga: Capai 161 Titik, Pertamina Lampaui Target BBM 1 Harga