Pertagas Niaga Kembali Salurkan Jargas ke 5.062 Rumah Tangga di Panajam Paser

Pertagas Niaga Kembali Salurkan Jargas ke 5.062 Rumah Tangga di Panajam Paser
Pertagas Niaga (Sumber: dok. Pertamina)

Jaringan gas atau Jargas kini dirasakan semakin banyak warga Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pasalnya, Pertagas Niaga kembali  mengalirkan gas secara bertahap pada 5.062 Sambungan Rumah tangga (SR) baru.

Pertagas Niaga adalah badan usaha yang ditunjuk mengelola dan mengoperasikan jargas di Penajam Paser Utara oleh pemerintah melalui Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2020. Pengaliran gas tahap pertama dilakukan di Sektor 6 Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Sebelumnya pada  tahun 2019, sebanyak 4.260 SR jaringan gas kota telah terpasang di Penajam Paser Utara. Hingga kini, jumlah rumah yang telah terpasang jargas mencapai sebanyak 9.322 SR dengan sistem pasca bayar.  

Pengaliran jargas tahap kedua akan dilakukan bertahap di Desa Giri Mukti, Giri Purwa, Sidorejo, Kelurahan Lawe, Petung dan Waru. Jaringan gas kota di kabupaten ini mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebanyak 0.2 MMSCFD.

Program pemerintah jaringan gas kota terus berlanjut sebagai upaya untuk menekan subsidi LPG serta mendorong diversifikasi energi.

"Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director PTGN, Linda Sunarti dalam keterangan perusahaan, 5 November 2020.

Linda selanjutnya juga berpesan agar warga dapat menjaga jaringan gas di lingkungan sekitarnya agar jaringan awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang. Pertagas Niaga menargetkan sambungan jaringan gas tahap beroperasi seluruhnya dalam tiga bulan ke depan.

Baca juga: RM Fitria Sari Jadi Pelanggan Komersil Pertama PGN di Dumai, Riau