Permudah Pengguna Jasa KRL, KAI – Bank Mandiri Luncurkan Commuterpay

Permudah Pengguna Jasa KRL, KAI – Bank Mandiri Luncurkan Commuterpay
Peluncuran Commuterpay (Sumber: dok. PT KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkolaborasi dengan PT Bank Mandiri menerbitkan kartu Commuterpay. Kartu ini dipergunakan untuk membayar perjalanan Commuter Line dan bisa juga dipergunakan untuk membayar moda transportasi lainnya. Selain itu, dapat pula dilakukan untuk pembayaran di sektor lainnya.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu implementasi budaya AKHLAK bagi setiap BUMN untuk memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi masyarakat,” kata Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT KAI dalam keterangan resmi perusahaan.

Sama halnya dengan pemegang Kartu Multi Trip (KMT), pemegang kartu Commuterpay akan memperoleh beberapa keuntungan. Mereka tidak perlu mengantre dua kali, yaitu antre isi ulang atau membeli Tiket Harian Berjaminan (THB) serta antre menuju masuk gate elektronik stasiun.

Terlebih di masa pandemi ini, beberapa stasiun KRL tak lagi melayani pembayaran Tiket Harian Berjaminan (THB) atau tunai. Sehingga pembayaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan KMT atau kartu elektronik bank.

Saat ini, terdapat total delapan stasiun khusus transaksi non tunai. Dari delapan stasiun tersebut, tiga stasiun terbaru merupakan stasiun dengan volume pengguna tinggi yaitu Bogor, Cilebut, dan Cikarang.

“Dengan jumlah stasiun khusus transaksi non tunai yang akan terus kami tambah, maka permintaan terhadap uang elektronik seperti Commuterpay tentunya akan semakin meningkat di masa depan,” pungkas Wiwik. Widayanti, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat bahwa pada Juli 2020, dibanding THB, penggunaan Uang Elektronik Perbankan dan KMT pada layanan KRL mencapai 75%. Persentase tersebut meningkat dibandingkan Juli 2019 yakni sebesar 69%.

Selanjutnya, dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia. Bank Mandiri menyediakan Commuterpay edisi khusus HUT ke-75 RI, dengan tema Indonesia Maju.

Royke Tumilaar, Direktur Utama Bank Mandiri menyampaikan bahwa kerja sama ini dilakukan untuk mendukung program gerakan nasional non tunai. Ia berharap kartu Commuterpay dapat memudahkan masyarakat dalam bertransportasi publik.

Baca juga: KAI Sediakan Layanan Rapid Test di Stasiun untuk Penumpang Kereta Api Jarak Jauh