Permintaan Semen Nasional Stagnan, SMBR Optimis Capai Target Triwulan III Tahun 2019

Permintaan Semen Nasional Stagnan, SMBR Optimis Capai Target Triwulan III Tahun 2019
Ilustrasi volume penjualan SMBR (Sumber: dok. SMBR)

Di tengah permintaan semen nasional yang semakin stagnan, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk optimis dapat mewujudkan target penjualan pada triwulan III tahun 2019. Pasalnya, di bulan Agustus ini, volume penjualan SMBR meningkat sekitar 20,5 persen dari bulan Juli menjadi 222.097 ton.

“Pertumbuhan volume penjualan semen di bulan Agustus 2019 yang cukup signifikan, menunjukkan bahwa siklus permintaan semen di Triwulan III/2019 mulai membaik” ujar Jobi Triananda Hasjim, Direktur Utama SMBR dalam rilis resmi perusahaan (13/09).

Bertumbuhnya penjualan tak lepas dari meningkatnya permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumagsel) yang menjadi basis pemasaran SMBR. Untuk wilayah Sumatera Selatan sendiri, volume penjualan meningkat 12 persen dibandingkan bulan Juli dan meningkat 16 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Baca juga: Semen Baturaja Catatkan Pendapatan Rp150,2 miliar di Januari 2019

Dengan besarnya penjualan tersebut, kini pangsa pasar SMBR mencapai 70 persen, meningkat 5 persen dari bulan sebelumnya di tahun yang sama. Pertumbuhan volume penjualan juga berhasil menggerek pendapatan perseroan pada bulan Agustus 2019 yang tumbuh 10 persen menjadi 209,4 miliar rupiah dari 189,9 miliar rupiah dibandingkan Bulan Juli 2019.

Jobi Triananda optimis bahwa target triwulan ketiga tahun 2019 akan terpenuhi. Terlebih lagi, ia melihat proyek infrastruktur pemerintah semakin menggeliat.

Pemerintah berkomitmen untuk mempercepat sejumlah proyek pembangunan infrastruktur penghubung seperti misalnya ruas jalan tol Sumsel-Lampung.  Selain itu, pencairan alokasi dana desa tahap tiga pun telah dimulai sejak akhir Juli lalu. “Hal ini jelas akan menjadi katalisator bagi proyek-proyek lainnya” tambah Jobi.

Guna meningkatkan penjualan, SMBR juga tetap fokus mengembangkan sektor retail sebagai kontributor utama terhadap volume penjualan. Salah satu caranya adalah dengan menggalakkan promosi di tingkat retail dan consumer. Selain itu, SMBR juga memperkuat saluran distribusi dan logistik melalui cement making center.

Baca juga: Semen Baturaja – Pusri Tandatangani Kerjasama Pemanfaatan Clay & Limbah B3