Perluas Keikutsertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan - Telkom Indonesia Jalin Sinergi

Perluas Keikutsertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan - Telkom Indonesia Jalin Sinergi
Telkom Indonesia - BPJS Teken PKS (Sumber: dok. Telkom)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada 18 Januari 2021. Keduanya sepakat untuk bersinergi demi mewujudkan layanan kesehatan yang optimal. 

Adapun ruang lingkup dari PKS tersebut meliputi perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lingkungan TelkomGroup serta kemitraan strategis dalam rangka pengembangan produk bersama. Mereka akan melakukan kajian layanan dan kemanfaatan, di antaranya joint development untuk pengembangan data analytics dan fasilitas payment gateway untuk pembayaran iuran program JKN-KIS.

"TelkomGroup siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dalam keterangan tertulis Telkom, 18 Januari 2021.

Ia pun menyampaikan bahwa positioning Telkom saat ini sangat mendukung inisiasi tersebut. Telkom merupakan BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation dan produk lainnya.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation, dan masih banyak lagi, TelkomGroup siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang, khususnya untuk layanan kesehatan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan,” ungkap Edi Witjara.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso berharap bahwa kerja sama ini dapat mengoptimalkan implementasi program JKN-KIS ke depannya. 

“BPJS Kesehatan tentu tidak akan dapat berjalan sendiri dalam menyelenggarakan JKN-KIS. Untuk itu, kami berharap dukungan dan kerja sama Telkom dalam peran dan tugas di bidang kerja masing-masing guna mendukung pelaksanaan program JKN-KIS," terang Kemal.

Kedua belah pihak berharap agar kerja sama ini membuka peluang sienrgi di bidang lainnya. Dengan begitu, penyelenggaraan program JKN-KIS berjalan lebih lancar dan tetap berlandaskan pada koridor perundang-undangan yang berlaku. 

Baca juga: Mitratel - Pos Indonesia Bersinergi untuk Kesiapan Sinyal 5G