Perjalanan BGR Menjadi Perusahaan Logistik Digital

Perjalanan BGR Menjadi Perusahaan Logistik Digital
Transformasi BGR menjadi Perusahaan Logistik Digital. Sumber: Annual Report BGR 2018

Pada tanggal 11 April 2020 PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics akan merayakan ulang tahunnya yang ke-43. Sejak didirikan pada tahun 1977 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1976, perusahaan yang 100% sahamnya dikuasai Pemerintah ini terus mengukuhkan posisinya sebagai salah satu BUMN dalam penyediaan solusi pergudangan dan jasa logistik.

Pada tahun 2018 BGR meluncurkan visi dan misi baru yaitu menjadi Perusahaan Logistik Digital (Digital Logistics Company). Untuk memenuhi visi barunya tersebut BGR tidak henti melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggannya. 

Peningkatan kapasitas BGR dapat dilihat antara lain dari penguatan layanan jasa Waste Integrated Solution (WIS) serta sinergi yang terjalin dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka mengembangkan sistem dan layanan berbasis digital, seperti pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP) SAP S/4 HANA, serta pengembangan kompetensi SDM. 

Di internal perusahaan, BGR juga menghadapi dinamika yang cukup besar seiring dengan revisioning visi dan misi perusahaan. Beberapa usaha dilakukan perusahaan dalam hal ini misalnya dengan meluncurkan program transformasi yang meliputi aspek sistem, aspek budaya perusahaan dan aspek sumber daya manusia. 

Transformasi pada aspek sistem dilakukan untuk mendukung digitalisasi proses bisnis, yang direalisasikan melalui penerapan aplikasi ERP SAP S/4 HANA dan penerapan aplikasi front end. 

Transformasi di bidang sumber daya manusia dan budaya perusahaan juga dilakukan agar organisasi ini mampu beradaptasi dengan cepat terhadap situasi bisnis yang dinamis.

Untuk mendukung transformasi tersebut pada tahun 2018 BGR telah membangun sistem administrasi perkantoran, yang dinamai ADINDA (Aplikasi Nota Dinas Internal, Dokumen & Administrasi) dan sistem informasi kepegawaian SISKA (Sistem Informasi Kepegawaian).

Untuk dapat meningkatkan kualitas karyawan, BGR telah membangun sebuah Training Center yang berlokasi di Kantor Pusat BGR Logistics. Selain kompetensi, BGR juga memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan kesejahteraan karyawan, yakni dengan menjalin kerja sama dengan Mandiri Inhealth untuk memberikan proteksi asuransi kesehatan dan jiwa bagi seluruh karyawan.

Sejarah dan perjalanan menuju perusahaan digital

Pada awalnya, sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan, BGR menjalankan usaha di bidang Integrated Logistics Solution, termasuk di dalamnya penyelenggaraan jasa penyewaan dan pengelolaan gudang serta proses pengiriman barang. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1976, perusahaan hadir untuk menjawab kebutuhan akan dibentuknya suatu badan usaha yang melayani pengelolaan fasilitas pendukung sarana distribusi pupuk yang memadai, berupa fasilitas gudang dengan lokasi hingga ke sentra-sentra pertanian. Pada kurun waktu 1975-1977, Pemerintah melalui Departemen Perdagangan saat itu telah membangun sebanyak 32 unit gudang yang tersebar di Jawa, Bali, dan Kalimantan Selatan. 

Kemudian seraya fokus pada kegiatan menyediakan, menyewakan dan mengelola ruangan gudang, baik tertutup maupun terbuka (open storage) dan menyelenggarakan jasa pergudangan lainnya, BGR terus mengembangkan jasa-jasa lain yang menggunakan transportasi darat, laut maupun udara serta pengurusan eskpor-impor. Layanan ini dikembangkan secara terintegrasi dengan solusi pergudangan yang telah ada dan mengemasnya dalam beragam paket jasa logistik. 

Pada perkembangannya, perusahaan yang telah berkiprah selama 43 tahun ini terus memperluas lingkup layanannya pada bidang jasa-jasa penunjang yang relevan, misalnya penyediaan jasa pest control dan fumigasi. Pada tahun 2004, BGR juga memasuki bidang layanan Collateral Management Service (CMS) yang cukup menjanjikan profitabilitas yang baik bagi perusahaan. Lalu pada tahun 2016, BGR mulai merambah jasa layanan Logistik Limbah atau disebut Waste Integrated Solution (WIS) sehingga semakin memperkuat posisi perusahaan di industri jasa logistik. 

Pada tahun 2018, guna memperkuat daya saing perusahaan dan memberikan nilai tambah terhadap produk dan layanan yang diberikan, BGR melakukan transformasi yang menyeluruh di berbagai aspek terkait sistem, bisnis dan budaya perusahaan. Transformasi ini dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan bisnis yang ada serta kebutuhan pelanggan yang terus meningkat sehingga dibutuhkan suatu perbaikan yang signifikan untuk mendukung proses bisnis serta penyediaan layanan kepada pelanggan dan pada akhirnya dapat berkontribusi pada pencapaian visi BGR menjadi perusahaan logistik digital yang unggul di masa depan. 

BGR Saat ini

Saat ini BGR didukung oleh 1.158 karyawan, dengan 20 kantor cabang dan 600 gudang (data per Desember 2018). Dari 600 gudang tersebut 150 unit gudang milik dengan kapasitas 455.800 ton, 200 unit gudang sewa dengan kapasitas 756.500 ton dan 129 unit gudang manajemen dengan kapasitas 342.632 ton. 

Armada BGR dilengkapi radio telekomunikasi dan GPS serta command center yang akan memantau seluruh kegiatan bisnis dari sistem aplikasi yang dimiliki perusahaan. Perusahaan juga memiliki sistem penunjang berupa Warehouse Integrated Application (WINA) dan Fleet Integrated and Order Monitoring Applications (FIONA) yang sangat bermanfaat bagi para pengguna jasa logistik BGR sehingga memberi nilai tambah tersendiri bagi produk dan layanan perusahaan.

Beberapa layanan BGR terdiri dari:

1. Logistics Solution: 

BGR Logistik Solution merupakan layanan logistik terpadu, mulai dari membuat desain sistem distribusi barang keluar dari pabrik, penyiapan alat transportasi, pelaksanaan pengiriman barang ke gudang distribusi, menyiapkan gudang, mengelola barang di gudang (handling in, handling out, packaging, racking, barcode, labelling dan sebagainya) sampai dengan pengangkutan atau pengantaran barang ke pengguna pengantaran barang ke pengguna akhir, dengan dukungan sistem informasi terpadu yang dapat dihubungkan langsung pada sistem informasi produksi pelanggan. 

Termasuk dalam jasa pengelolaan pergudangan BGR adalah Collateral Management System (CMS), Sistem Resi Gudang (SRG), Record Management Service/ Penitipan & Pengelolaan Arsip (RMS), Open Storage Area, dan lain-lain. 

2. Integrated Logistics Solution & Supply Chain:

Integrated Logistics Solution & Supply Chain BGR tersedia dengan dukungan lebih dari 500 armada darat serta jalinan kemitraan yang kuat dengan maskapai pelayaran, maskapai penerbangan dan kereta api. Layanan ini memberikan solusi transportasi baik domestik maupun internasional. 

3. Waste Integrated Solution 

Layanan Waste Integrated Solution BGR merupakan solusi pengangkutan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang meliputi kegiatan pengelolaan termasuk pengangkutan, pengumpulan, pemanfaatan, dan pengolahan limbah B3. 

Baca juga: Profil dan semua artikel terkait BGR Logistics