Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika, ITDC Sinergi dengan PT PP dan HIMBARA 

Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika, ITDC Sinergi dengan PT PP dan HIMBARA 
Penandatanganan PKS ITDC - PT PP dan HIMBARA (Sumber: dok. Kementerian BUMN)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saat ini tengah fokus menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika). Sirkuit tersebut akan dipergunakan dalam perhelatan MotoGP yang akan dilaksanakan akhir tahun 2021.

Untuk mempercepat proses pembangunan proyek tersebut, BUMN pengembang kawasan 
pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut bekerja sama dengan  PT PP (Persero) Tbk.

Sebagaimana perjanjian kerja sama (PKS) yang sudah ditandatangani kedua belah pihak, nilai kontrak yang disepakati adalah sebesar 900 miliar rupiah. Selain kerja sama dengan PT PP, 
ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standard internasional,” ungkap Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, yang hadir dalam acara penandatangan tersebut.

Melalui kolaborasi antar BUMN ini, pembangunan akan dilakukan dengan skema Pre-Financed Project. Sirkuit Mandalika berdiri di atas lahan seluas 52,5 hektar di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, NTB. 

Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km ini merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok. Sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan balap motor MotoGP.

“Kami optimistis kerjasama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit yang akan digunakan untuk menggelar event dunia MotoGP Indonesia mulai tahun 2021,” ungkap Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Progress pengerjaan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 40% untuk proses pengerjaan awal, termasuk pekerjaan persiapan dan pekerjaan ground work. Proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021. Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan akan selesai pertengahan 2021.

Baca juga: Seperti Ini Cara ITDC Cegah Penyebaran Covid-19