Per 10 Juli, KAI Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh Perjalanan dari dan menuju Jakarta

Per 10 Juli, KAI Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh Perjalanan dari dan menuju Jakarta
Kereta Api Indonesia (Sumber: dok. KAI)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana menambah tiga kereta api jarak jauh untuk rute dari dan menuju Jakarta. Adapun tiga KA tersebut adalah KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Bima (Gambir-Malang pp) dan Sembrani (Gambir-Surabaya PasarTuri pp). Kereta akan mulai beroperasi 10 Juli 2020.

“KAI menambah layanan KA Jarak Jauh Komersial kelas Luxury, Eksekutif, Ekonomi untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan new normal yang ketat,” ujar Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi.

Pada tahap awal, ketiga kereta tersebut akan mulai dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan bahwa minat masyarakat untuk bepergian jarak jauh cukup tinggi di akhir pekan.

Setelahnya, perjalanan ketiga kereta tersebut juga akan dievaluasi operasionalnya. Sehingga keberlanjutannya pun mengikuti perkembangan di lapangan. 

Terkait jadwal dan pembelian tiket, calon penumpang dapat mengeceknya melalui aplikasi KAI Access. Selain itu, pembelian juga dapat dilakukan di seluruh channel resmi pembelian tiket KAI. Tiket dapat dibeli H-7 sebelum jadwal keberangkatan.

Tentunya, para calon penumpang harus memahami persyaratan yang dibutuhkan untuk naik kereta jarak jauh. Sebagaimana Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, setiap penumpang wajib membawa hasil tes PCR atau Rapid, yang dapat diganti dengan surat bebas influenza jika di daerah tempat tinggal taka da fasilitas PCR/Rapid.

Khusus penumpang yang keluar masuk wilayah DKI Jakarta, mereka harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk Jakarta (SIKM). Tak lupa, calon penumpang juga wajib mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

Secara umum, penumpang kereta api jarak jauh harus dalam kondisi sehat. Suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celsius. Penumpang juga harus menggunakan masker, menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, menjaga jarak serta mencuci tangan.

Baca juga: Kinerja KAI di Tengah Pandemi Dapat Pujian Menhub