Penuhi Kebutuhan Gas, Pertamina Tambah Pasokan LPG di Banjar

Penuhi Kebutuhan Gas, Pertamina Tambah Pasokan LPG di Banjar
Pangkalan LPG 3 kg Pertamian di Banjar, Jawa Barat/Sumber: Pertamina

Guna memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat, PT Pertamina menyiapkan tambahan pasokan LPG 3 Kg di Kota Banjar, Jawa Barat.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamin MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, penambahan lebih dari 1.000  tabung, dialokasikan untuk 4 distributor resmi Pertamina yang berlokasi di Kecamatan Pataruman dan Kecamatan Banjar.

Baca juga: BBM Satu Harga Pertamina Hadir di Ujung Selatan Indonesia

"Hasil temuan di lapangan, distributor resmi dari Pertamina di beberapa kecamatan ramai antrian konsumen karena menjual LPG 3 Kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Maka penambahan pasokan ini menjadi cara kami untuk memenuhi kebutuhan LPG masyarakat,” jelas Dewi Sri Utami dalam keterangan resmi, Minggu 21 Juli 2019.

Menurut Dewi, pihaknya mengimbau masyarakat Kota Banjar untuk membeli LPG di jalur distributor resmi Pertamina jika menginginkan harga yang sesuai dengan HET, yaitu Rp 16.000 sesuai harga yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

“Untuk mengetahui dengan pasti agen dan pangkalan resmi LPG Pertamina atau mengenalinya dari papan nama agen yang terpasang. Pihak kami juga terus memantau agen dan pangkalan agar menjual LPG subsisi sesuai dengan HET,” tuturnya.

Sesuai dengan Pasal 20 ayat (2) Peraturan Menteri ESDM No. 26 Tahun 2009, LPG 3 Kg diperuntukkan bagi penggunaan rumah tangga pra sejahtera dan usaha mikro.
Rumah tangga yang termasuk keluarga pra sejahtera adalah mereka yang berpendapatan maksimal Rp 1,5 juta per bulan.

Sedangkan usaha mikro yang berhal menggunakan LPG subsidi adalah mereka yang memiliki asset maksimal Rp 50 juta dan beromzet maksimal Rp 300 juta per tahun.

Baca juga: Lewat CSR, Pertamina Gelar Program Ekowisata Mangrove Kariangau