Pentingnya Rating Bintang bagi Driver Hingga Respon Gojek Terhadap Anton, Mitra Driver yang Sempat Viral Setelah Kehilangan Motor

Pentingnya Rating Bintang bagi Driver Hingga Respon Gojek Terhadap Anton, Mitra Driver yang Sempat Viral Setelah Kehilangan Motor
Driver Gojek perwakilan penerima apresiasi bintang lima.

Senin (27/05) lalu, Gojek menggelar seremonial pemberian apresiasi terhadap mitra driver Gojek. Apresiasi ini diberikan bagi mitra driver bintang lima yang berkinerja tinggi. Pemberian apresiasi dilakukan bersamaan dengan acara buka bersama bersama mitra driver di kantor operasional Gojek, Kemang Timur.

“Kami bangga karena ‘memberikan pelayanan terbaik’ telah menjadi ciri khas mitra driver kami,” ungkap Alvita Chen, Senior Manager Corporate Affairs GOJEK.

Ia menambahkan bahwa mitra driver yang mendapat apresiasi ini harus memenuhi kriteria tertentu. Mereka adalah driver yang memberikan layanan terbaik, tidak pilih-pilih order, menjemput atau mengantar pesanan makanan dengan cepat dan tentunya memiliki rating bintang di atas 4,5 terhitung sejak aplikasi diluncurkan. Kondisi tanggungan atau beban keluarga juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penyerahan apresiasi.

Nantinya, apresiasi ini akan diberikan secara periodical di kota-kota kunci Gojek beroperasi. Tim manajemen Gojek akan mengunjungi rumah driver satu per satu dan bertemu dengan keluarganya. Setelah itu, Gojek akan memberikan amplop berisi uang cash dan secarik kertas dengan kata-kata penyemangat sesuai dengan adat kota masing-masing.

“Pendekatannya sangat personal sih Mbak, jadi bukan diundang ke kantor Gojek seperti ini,” ungkapnya kepada tim Upperline.id.

Selain apresiasi driver lima bintang, Gojek juga memberikan apresiasi lain dalam bentuk pelatihan yang disebut sebagai Bengkel Belajar Mitra (BBM). Program ini adalah wadah pengembangan layanan prima dengan berbagai macam topik. Misalnya saja pelatihan bahasa Inggris, pelatihan P3K, pelatihan otomotif, pelatihan anti kekerasan seksual, serta tentunya pelatihan keselamatan berkendara. Program ini diselenggarakan berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan komunitas yang ahli dalam bidangnya.

Baca juga: Pelanggan Protes Tarif Gojek dan Grab Naik

Anton Budi adalah salah satu driver penerima apresiasi dari Gojek yang turut hadir malam itu. Driver ini sempat viral setelah customer-nya mengunggah kisahnya di social media dan kitabisa.com. Singkat cerita, Anton adalah driver yang motornya hilang ketika ia tengah membelikan makanan bagi Fitro, pelanggannya.

Saat keluar dari restoran dan menyadari motornya dicuri, ia tidak lantas lapor polisi atau pihak Gojek tetapi justru menelpon temannya sesama mitra Gojek. Ia minta tolong untuk diantar ke rumah pemesan Go-Food dan memberikan makanan pesanannya.

“Yang saya pikirkan pertama ketika tahu motor saya hilang, duh saya ga bisa pulang kampung, lalu saya ingat makanan pesanan pelanggan harus segera diantar, takut rasanya ga enak karena ada esnya,” kenangnya.

Baginya, menuntaskan pekerjaannya saat itu jauh lebih penting daripada mengurus kepentingan peribadinya, yakni mencari motor.

“Ya saya kerja sama Gojek, dapur saya ngebul juga dari situ. Saya mengumpulkan uang dari Gojek untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi, sudah sepantasnya saya prioritaskan,” tambahnya.

Bagi Gojek sendiri, mitra driver merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis mereka. Keteladanan Anton tersebut direspon dengan apresiasi pemberian motor baru untuk menggantikan motornya yang hilang. Gojek berharap agar driver lain bisa mencontoh sikap baik Anton.

“Kita meluncurkan aplikasi sejak 2015. Orang bilang dengan teknologi semua bisa lebih mudah, pesan makanan bisa lewat ponsel. Tapi, di balik semua itu, yang membuat semuanya mungkin adalah adanya motor offline. Mereka inilah mitra driver kita,” ungkap Arief Fadillah, VP Jabodetabek Driver Operation.

Selama delapan tahun beroperasi di Indonesia, Gojek telah memberikan masukan sebesar 44 triliun pada ekonomi Indonesia. Dari jumlah tersebut, 25 triliunnya berasal dari mitra driver.

Baca juga: Gojek dan Pemkot Bandung Perkuat Sinergitas Program Kota