Pemerintah Sudah Kantongi Nama Calon Dirut PLN

Pemerintah Sudah Kantongi Nama Calon Dirut PLN
Pemerintah sudah kantongi nama calon Dirut PLN. (Sumber: PLN)

Pemerintah sudah mengantongi sejumlah nama calon Direktur Utama PT PLN (Persero). Calon-calon tersebut berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Meski demikian, pemerintah akan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memilih posisi puncak tersebut.

"PLN itu perusahaan besar. Perlu hati-hati untuk memilih orang. Yang jelas (kandidatnya) memenuhi syarat, seperti assessment center," ujar Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, 10 Juni 2019.

Sebagaimana yang berlaku dalam pemilihan direksi BUMN, penilaian kandidat akan dilakukan oleh sebuah tim independen. Tim inilah yang akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap seluruh kandidat. Keputusan akhir berada di tangan Presiden, jelas Imam.

Baca juga: PLN Bukukan Laba Bersih Rp11,6 Triliun di 2018

Sebelumnya Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengajukan pengunduran diri terkait dengan adanya kasus hukum yang menimpanya. Pengunduran diri tersebut disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN Tahun 2019. 

Selanjutnya, RUPS memutuskan untuk mengangkat Djoko Raharjo Abumanan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN sekaligus merangkap sebagai Direktur Pengadaan Strategis Dua. Djoko sebelumnya menjabat Direktur Bisnis Regional Jawa Bali dan Nusa Tenggara. 

Baca juga: Sofyan Basir Mengundurkan Diri, RUPS PLN Angkat Plt Dirut Baru