Pelindo IV Bidik 3.000 Orang di Mudik Gratis Tahun Ini

Pelindo IV Bidik 3.000 Orang di Mudik Gratis Tahun Ini
Pelindo IV bidik 3.000 pemudik gratis tahun ini. (Sumber: Pelindo IV)

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menargetkan penumpang kapal yang mengikuti Program Mudik Gratis pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini mencapai 3.000 orang. Terkait dengan hal tersebut, korporasi telah menyiapkan 21 pelabuhan yang siap menyambut para peserta mudik ini.

“Pada Program Mudik Gratis tahun ini, kami menyiapkan 88 bus dan 27 kapal cepat. Peserta mudik yaitu penumpang kapal laut dan masyarakat sekitar pelabuhan,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang.

Pelindo IV memperkirakan peserta mudik gratis dari Pelabuhan Makassar diperkirakan mencapai 650 orang. Sementara dari Pelabuhan Balikpapan, pihaknya menargetkan total 500 orang pemudik gratis dengan tujuan Samarinda, Bontang dan Tenggarong. 

Baca juga: Pelindo IV Layani Sandar Kapal Perdana di Kendari New Port

Sedangkan dari Pelabuhan Sorong, target pemudik gratis sebanyak 250 orang tujuan Aimas dan Katapop. Dari Pelabuhan Kendari 350 orang target pemudik gratis tujuan Raha, Baubau dan Wanci menggunakan kapal laut.

“Dari Parepare, kami target 550 pemudik gratis tujuan Bulukumba, Toraja, Palopo, Enrekang-Bone dan Pinrang-Sengkang-Polman menggunakan total 33 bus. Dari Pelabuhan Tarakan, ditargetkan 150 pemudik gratis menggunakan kapal cepat dengan tujuan Tanjung Selor,” tukasnya.

Farid tak memungkiri, setiap musim mudik Lebaran pasti ada permasalahan yang terjadi utamanya di sekitar area pelabuhan. Untuk itu, pihaknya melalui sinergi dengan beberapa pihak, selalu menyiapkan Posko Terpadu Mudik Hari Raya Idul Fitri bersama pemangku kepentingan terkait di area pelabuhan. Dengan demikian para pemudik dapat berasa aman dan nyaman.

Baca juga: Pelindo IV Lirik Malaysia