Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket

Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket
Pelindo III menambah 12.500 tiket mudik gratis di tahun 2019. (Sumber: Pelindo III)

PT Pelindo III (Persero) menambah kuota mudik gratis sebesar 12.500 tiket akibat banyaknya permintaan dari para pemudik pada tahun ini. Semula BUMN operator pelabuhan tersebut hanya menyiapkan 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis.

“Melihat tingginya animo pemudik yang sudah mendaftar pada program mudik gratis tahun ini, maka Pelindo III menambah kuota tiket bus gratis secara bertahap sesuai penambahan kebutuhan yang terdata di lapangan. Jadi perkiraan jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, 7 Mei 2019. 

Doso Agung memaparkan, kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2017 memberangkatkan sekitar 6.000 orang, kemudian meningkat di tahun 2018 lalu menjadi sekitar 14.000. Di tahun 2019 ini disediakan 30.000 tiket kapal laut dan bus gratis. 

“Dengan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi BUMN dengan PT Damri dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” jelasnya.

Baca juga: Mudik 2019, Pelindo III Berikan 17.500 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis

Total 30.000 tiket gratis yang akan disediakan korporasi, terdiri dari 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 28.000 tiket bus untuk diantar dengan bus milik Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa. Pelindo III memberikan tiket gratis untuk 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, seperti dari Kumai–Tanjung Perak. Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran. 

Ia melanjutkan, begitu pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, bisa langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan total tiket bus gratis sebanyak 28.000 dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas. 

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersedia untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Doso mengimbau agar calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri via internet atau online ke alamat situs web resmi: mudik.pelindo.co.id atau via aplikasi dengan mengunduh aplikasi “Mudik Pelindo III” di Google Play. Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi.

Baca juga: PGN Bangun Terminal LNG di Jawa Timur

Jadwal keberangkatan kapal sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni. Begitu pula untuk calon pemudik dengan moda bus. Setelah terdaftar secara online dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan dengan menunjukkan kartu identitas resmi serta Tiket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

“Mudik Gratis Bareng BUMN – Pelindo III ini adalah wujud nyata dari BUMN Hadir Untuk Negeri, memberikan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut, pada setiap musim mudik Lebaran. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh. Pelindo III mendukung pemerintah yang menempatkan keselamatan pemudik sebagai prioritas,” pungkas Doso.

Tak hanya itu, Pelindo III juga turut memberikan fasilitas bus gratis untuk para pemudik yang mengikuti program mudik sepeda motor gratis moda laut. Selain itu, juga disiapkan makan sahur dan takjil buka puasa untuk para penumpang kapal laut yang datang pada saat itu di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca juga: Demi Efisiensi, PLN-Pelindo III Jajaki untuk Bersinergi