Pelindo III Siapkan 50.000 Paket Sembako untuk Masyarakat

Pelindo III Siapkan 50.000 Paket Sembako untuk Masyarakat
PT Pelindo III (Persero) menyediakan 50.000 paket sembako murah untuk masyarakat. (Sumber: Pelindo III)

PT Pelindo III (Persero) menyiapkan 50.000 paket sembako untuk masyarakat. Tradisi tersebut sudah rutin dilakukan oleh BUMN operator terminal pelabuhan tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heli Yanto menjelaskan bahwa dari 50.000 paket sembako tersebut, 2.500 paket di antaranya merupakan paket sembako seharga masing-masing 100.000-150.000 rupiah per paket yang akan dijual murah ke masyarakat di sekitar Pelabuhan Tenau Kupang dan di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. 

“Hasil penjualan sembako murah di Kupang akan disalurkan kembali berupa bantuan sarana dan prasarana untuk lima tempat ibadah di Kupang. Kemudian untuk hasil penjualan di Cilacap akan disumbangkan ke beberapa panti asuhan di wilayah sekitarnya pada bulan suci ini,” ungkapnya.

Untuk aksi kemanusiaan tersebut, secara total, Pelindo III menyiapkan dana hingga 5 miliar rupiah. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan dibagikan sekitar total 7.500 paket sembako gratis oleh Pelindo III dan anak perusahaannya. 

Baca juga: Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket

Kemudian di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga akan dibagikan sekitar 5.500 paket sembako gratis. Untuk wilayah pelabuhan di Pulau Kalimantan, pembagian sembako dalam jumlah besar di antaranya diadakan di Pelabuhan Banjarmasin dengan 3.800 paket sembako gratis dan di Pelabuhan Sampit yang dibagikan tak kurang dari 3.000 paket sembako gratis. Di Nusa Tenggara, pembagian 2.440 paket sembako gratis diadakan di Pelabuhan Benoa Bali dan 2.840 paket sembako gratis di Pelabuhan Lembar Lombok. Selain itu juga diadakan di seluruh pelabuhan-pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo III.

“Kesejahteraan masyarakat di sekitar pelabuhan selalu menjadi perhatian Pelindo III. Karena secara tidak langsung juga berkontribusi pada stabilitas bisnis operasional pelabuhan yang dikerjakan Pelindo III untuk mendorong kelancaran logistik bagi daerah,” ungkap Toto.

Pelindo III juga menggandeng sejumlah komunitas maritim terkait dalam mengadakan Program Sembako Gratis dan Murah tersebut. Misalnya bersinergi dengan Polres dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan setempat, serta institusi Pemerintah Daerah seperti Kantor Wali Kota/Bupati, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Demi Efisiensi, PLN-Pelindo III Jajaki untuk Bersinergi