Pelindo III Raih Tujuh Penghargaan di Peringatan Bulan K3

Pelindo III Raih Tujuh Penghargaan di Peringatan Bulan K3
Ilustrasi, Para penumpang kapal laut / Sumber: Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memborong tujuh penghargaan sekaligus pada peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang digelar oleh Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur.
Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto menjelaskan, penghargaan ini menjadi bukti bahwa sebagai BUMN, perseroan mampu menerapkan K3 dengan baik.

“Penerapan K3 di Pelindo III saat ini sudah berjalan dengan baik. Semoga penghargaan ini mampu melecut semangat kami untuk terus secara konsisten meningkatkan K3 di berbagai wilayah kerja," ucap Toto dalam keterangan resmi, Senin 13 Januari 2020.

Adapun ketujuh penghargaan tersebut antara lain Zero Accident pada Unit Kantor Pusat Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Perak Regional Jawa Timur, dan PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

Selain itu, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), PT Terminal Teluk Lamong (TTL), PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), serta penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS untuk PT Pelindo Husada Citra (PHC).

Menurut Toto, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3).

“Seluruh potensi bahaya berhasil dikendalikan sampai batas standar aman, sehingga akan tercipta kondisi kerja yang nyaman, aman dan sehat agar proses bisnis dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Menyikapi hal ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menambahkan, pentingnya pemahaman, serta penerapan K3 secara berkelanjutan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

“Bagi perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kategori world class company seperti Pelindo III, K3 sudah relatif lebih establish. Namun, kita harus terus berbenah karena berbagai adaptasi dan adjustment terhadap perubahan dan inovasi teknologi," tuturnya.

Sebagai informasi, Peringatan Bulan K3 tahun ini merupakan peringatan ke-50 sejak diterbitkannya Undang Undang No. 1/1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kegiatan ini mengacu pada Kepmenaker RI No. 328/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2020.

Baca juga: Pelindo III Berikan Pinjaman Modal Senilai 1,06 M untuk 13 UKM di Bali