Pelindo III Perkirakan Arus Penumpang Lebaran Naik 3%

Pelindo III Perkirakan Arus Penumpang Lebaran Naik 3%
Pelindo III perkirakan arus penumpang Lebaran 2019 naik 3%. (Sumber: Pelindo III)

PT Pelindo III (Persero) memperkirakan arus penumpang pada musim libur Lebaran tahun ini meningkat 3% di angka 467.730 orang dibandingkan tahun lalu. Selain itu, korporasi juga memperkirakan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih menjadi pelabuhan yang tersibuk pada musim mudik tahun ini dengan dilayani oleh 195 unit kapal.

"Diproyeksikan jumlah penumpang debarkasi (tiba dari kapal) akan mencapai 239.102 orang dan penumpang embarkasi (berangkat) akan mencapai 228.628 orang,” papar VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata.

Pelindo III mempersiapkan armadanya secara maksimal dalam menyambut musim libur kali ini. Misalnya Pelabuhan Gresik tersedia 165 unit kapal, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 120 unit kapal, Pelabuhan Tenau Kupang 72 unit kapal dan Pelabuhan Banjarmasin 53 unit kapal. 

“Peningkatan jumlah penumpang sejalan dengan peningkatan jumlah kunjungan kapal. Pada musim mudik Lebaran tahun sebelumnya tercatat ada 781 kapal dan pada momen yang sama pada tahun ini diprediksi ada 805 kapal. Sehingga diprediksi akan ada peningkatan sekitar 3 persen,” tambahnya.

Baca juga: Pelindo III Siapkan 50.000 Paket Sembako untuk Masyarakat

Pelindo III memprediksi puncak arus penumpang di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola perseroan pada musim libur Lebaran tahun 2019 akan terjadi pada Minggu, 2 Juni. Sementara puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu, 15 Juni. 

Lebih lanjut Wilis mengungkapkan, Pelindo III telah menyiapkan fasilitas terminal-terminal penumpangnya demi kelancaran arus mudik. Terkait aspek keselamatan yang dilakukan ialah memastikan tersedianya alat pemadam api ringan (APAR) dan petugas pemadam kebakaran (PMK), tenaga kesehatan, ambulans, P3K, dan jalur evakuasi. 

Selain itu, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bahkan Pelindo III telah bekerja sama dengan Tab Hotel Indonesia untuk menyediakan 10 unit hotel kapsul. Fasilitas tersebut dapat menjadi pilihan beristirahat hemat bagi penumpang kapal laut yang masih menunggu keberangkatan atau membutuhkan istirahat sebelum melanjutkan perjalanan setelah tiba di pelabuhan.

Pengembangan layanan juga dilakukan dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi digital. Di antaranya telah disiapkan papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal. Program Mudik Bareng BUMN yang dilayani Pelindo III juga mudah diakses melalui situs internet dan ponsel.

“Pelindo III juga telah mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing. Kemudian juga telah menyediakan aplikasi e-boarding untuk memberikan pelayanan boarding pass seperti sudah berjalan untuk penumpang pesawat terbang dan kereta api. Penetrasi inovasi digital untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas transportasi laut perlu didorong bersama-sama demi membantu para penumpang kapal laut yang kebanyakan memiliki kemampuan ekonomi yang terbatas,” pungkas Wilis.

Baca juga: Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket