Pelindo 3 Siap Jalankan Skenario New Normal, Karyawan Masuk Kerja dengan Protokol Covid-19 Pasca Lebaran

Pelindo 3 Siap Jalankan Skenario New Normal, Karyawan Masuk Kerja dengan Protokol Covid-19 Pasca Lebaran
Sistem operasional Pelindo 3 dilakukan secara online (Sumber: dok. Pelindo 3)

PT Pelindo 3 akan menjalankan skema kerja New normal (normal baru) setelah liburan Idul Fitri. Hal ini merupakan respon dari Surat Edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Selama pandemi Covid-19, sejauh ini pelayanan jasa kepelabuhanan tidak pernah berhenti, tetap beroperasi 24/7. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengatur jam kerja serta jadwal karyawan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

“Setelah Idul Fitri nanti, kami akan menjalankan skenario new normal agar kegiatan logistik lebih bergairah dan pulih, sehingga diharapkan dapat  menggerakkan ekonomi nasional dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," ungkap Direktur Utama Pelindo 3, Doso Agung dalam keterangan resmi perusahaan, 20 Mei 2020.

Mengacu pada surat edaran, karyawan di Pelindo 3 akan kembali bekerja penuh setelah libur lebaran. Keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman. Tujuannya adalah untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung langkah-langkah strategis pemerintah.

Bagi karyawan operator pelabuhan, Pelindo 3 menyediakan klinik di setiap terminal untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat. Semnetara itu, untuk meningkatkan kompetensi karyawan, perseroan akan melakukan seminar online (webinar). Nantinya, proses rekrutmen maupun asesmen, fit and proper test semua akan dilakukan secara online tanpa bertemu muka langsung.

Selain itu, Pelindo 3 juga akan melakukan pendataan kondisi karyawan, baik itu yang Work From Home (WFH) atau datang ke kantor. Untuk melakukannya, Pelindo 3 menggunakan aplikasi absensi karyawan secara daring yang sudah digunakan selama ini.

Untuk surat menyurat, karyawan bisa melakukannya menggunakan platform digital. Sehingga, bekerja dari mana saja pun tidak masalah. Selama ini pun, Pelindo 3 sudah menerapkan sistem paperless.

Pelindo 3 berkomitmen untuk mematuhi surat edaran Menteri BUMN. Sebagai langkah awal, perseroan sudah membentuk task force untuk menyusun skenario new normal serta mengawasi pelaksanaannya di lapangan.

"Nantinya perusahaan juga akan melakukan evaluasi dan merekomendasikan langkah-langkah strategis kepada Manajemen, agar upaya pemulihan aktivitas ekonomi dapat berjalan lebih baik dan optimal #CovidSafeBUMN," tutup Doso Agung.

Baca juga: Skenario The New Normal BUMN, Karyawan Kembali Masuk Kerja Pasca PSBB