Pegadaian – BTN Jalin Sinergi Bisnis BUMN

Pegadaian – BTN Jalin Sinergi Bisnis BUMN
Pegadaian – BTN Jalin Sinergi Bisnis BUMN/Sumber: Pegadaian

Dalam rangka mewujudkan sinergi bisnis antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pegadaian (Persero) menandatangani kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) dengan tujuan untuk memudahkan nasabah dalam layanan pendaftaran haji.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto dengan Plh. Direktur Utama BTN Oni Febriarto Rahardjo. Selain itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama pemasaran produk dan layanan oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) Damar Latri Setiawan dan Direktur Consumer Banking Bank BTN Budi Satria. Untuk mempercepat dan meningkatkan akurasi data juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama host to host oleh Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono dan Direktur Consumer Banking Bank BTN Budi Satria.

"Pegadaian kali ini berkesempatan menjalani kerja sama dengan BTN untuk meningkatkan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah kami, khususnya bagi nasabah yang ingin menginjakkan kakinya ke Tanah Suci," kata Damar dalam keterangan resmi, Minggu 24 November 2019.

Damar mengatakan bagi nasabah Pegadaian yang ingin berangkat haji dengan mudah dan aman, dapat datang ke outlet-outlet Bank BTN di seluruh Indonesia untuk mengajukan permohonan pembukaan rekening Tabungan BTN Haji dan Umroh iB.

“Untuk membuka rekening tersebut harus memenuhi beberapa syarat yaitu melampirkan surat pengantar, surat asli kuasa debet rekening Pegadaian, kartu tanda penduduk (KTP), fotokopi NPWP, dan akte kelahiran khusus nasabah usia di bawah 18 tahun,” ucap Damar.

Damar menambahkan, untuk setoran awal pembukaan rekening tabungan BTN Haji dan Umroh iB sebesar Rp500.000. Sedangkan pelayanan pembuatan rekening dilakukan pada jam kerja dari Pukul 07.00 WIB - 15.00 WIB.

"Adanya kerja sama ini dapat mengoptimalkan distribusi bagi semua pihak, sehingga dapat saling menguntungkan satu sama lain," tuturnya.

Menurut Damar, Pegadaian memiliki produk - produk unggulan berbasis syariah, yaitu Arrum, Amanah, Rahn, dan Mulia. Tercatat hingga September 2019 Arrum realisasi Rp1.666 miliar dari target Rp1.157 miliar, Amanah realisasi Rp2.309 dari target Rp2.226, Mulia realisasi Rp407 miliar dari target Rp663 miliar, dan Rahn realisasi Rp4.736 miliar dari target Rp4.615.

Hingga saat ini, Pegadaian telah menjalin kerja sama dengan 202 Mitra kerja yang terdiri dari Instansi Pemerintah sebanyak 38 instansi, Instansi BUMN sebanyak 54 instansi, dan Instansi Swasta sebanyak 110 instansi.

Baca juga: Wahyu Kuncoro, Mantan Pejabat Eselon I Kementerian BUMN Resmi Jadi Wadirut Pegadaian