Pegadaian Bersama 18 Perguruan Tinggi Teken MoU PMMB

Pegadaian Bersama 18 Perguruan Tinggi Teken MoU PMMB
PT Pegadaian (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan 18 Perguruan Tinggi di Indonesia/Sumber: Pegadaian

Sebagai bentuk komitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, PT Pegadaian (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan 18 Perguruan Tinggi di Indonesia.

"Kami sangat mendukung program pemerintah untuk menciptakan SDM Unggul. Melalui program pemagangan merupakan implementasi link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.

Diharapkan melalui program magang (PMMB)  ini peserta mendapatkan pengalaman yang bermanfaat sehingga menjadi lulusan universitas yang siap kerja," kata Kepala Divisi Pegadaian Corporate University Rofiq Aviv Azis dalam keterangan resmi, Senin 19 Agustus 2019.

Baca juga: Pegadaian dan Pelni Bekali Para Siswa Maluku Ilmu Jurnalisme

Menurut Rofiq, program tersebut diikuti oleh 147 orang peserta dari 18 perguruan tinggi di Indonesia. Pesertanya merupakan mahasiswa yang masih aktif maupun fresh graduate. Dia menambahkan program Magang Mahasiswa Bersertifikat bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing di pasar global saat ini.

PMMB dilaksanakan selama 6 bulan yang tersebar di Pegadaian seluruh Indonesia disesuaikan dengan tempat perguruan tinggi itu berada. Peserta  PMMB akan diberikan materi pengenalan perusahaan atau induksi mandiri secara online.

"Selama 6 bulan mahasiswa yang mengikuti program ini dibimbing oleh seorang mentor yang kita tunjuk  dan peserta akan dievaluasi setiap bulan dan di akhir magang. Apabila peserta dapat mengikuti PMMB ini sampai dengan selesai, maka akan diberikan sertifikat," ujarnya.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 18 Februari 2020, penempatan peserta disesuaikan dengan lokasi perguruan tinggi.

Perguruan tinggi yang terlibat dalam program tersebut di antaranya Sekolah Tinggu Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Universitas Pancasila, Universitas Borobudur Jakarta, STIKOM London School of Public Relations, Politeknik LP3I Jakarta, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Pos Indonesia Bandung, Universitas Internasional Semen Indonesia, Universitas Fajar Makassar, Universitas Alma Ata, STIM NITRO (Institut Bisnis dan Keuangan NITRO) Makassar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Institur STIAMI.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggalakkan program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan 25 universitas terdiri dari universitas swasta dan universitas negeri. Ribuan mahasiswa akan magang pada posisi tertentu di 63 BUMN yang membutuhkan. Nantinya, Sebanyak 2.732 mahasiswa dari 25 universitas tersebut terdaftar pada tahap pertama program magang tersebut.

Beberapa BUMN yang melakukan program magang bersertifikat bagi mahasiswa antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum Bulog, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Perkebunan Nusantara III, DAMRI dan Krakatau Steel.

Baca juga: Pegadaian dan Pelni Lepas Peserta SMN 2019 Maluku ke Jakarta