Muamalat Gandeng 4 Lembaga Zakat Buka Tabungan Kurban

Muamalat Gandeng 4 Lembaga Zakat Buka Tabungan Kurban
CEO PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Achmad K. Permana Berpidato saat Peluncuran Tabungan IB Hijrah Rencana Kurban Di Bandung, Jawa Barat, Senin 12 Agustus 2019/Sumber: Bank Muamalat

Bertepatan dengan peringatan Hari Raya Iduladha 1440 H, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bersama 4 lembaga zakat, seperti Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), yaitu Baitulmaal Muamalat (BMM), BAZNAS, Daarul Quran dan Rumah Zakat membuka Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban di Gedung Zakat Centre BAZNAS, Bandung, Senin 12 Agustus 2019.

“Kami berharap dengan adanya program tabungan ini, nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melaksanakan ibadah kurban melalui Bank Muamalat,” kata Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad Kusna Permana dalam keterangan resmi di hari yang sama.

Peluncuran tabungan ini tentunya tidak lepas dari besarnya potensi dana kurban di masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tumbuh 35,4%, Bank Muamalat Kantongi Laba Bersih Rp16,60 Miliar

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada tahun 2018 diperkirakan jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha mencapai lebih dari 1,5 juta atau meningkat sekitar 5% dari tahun 2017 dengan dana yang beredar sekitar Rp10 triliun di seluruh Indonesia.

Sedangkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) kebutuhan hewan kurban tahun 2019 ini diperkirakan akan tumbuh sebanyak 10%.

Program ini memiliki setoran rekening yang ringan, mulai dari 100 ribu per bulannya dengan jangka waktu beragam sehingga lebih mudah dalam mengatur jangka waktu yang dibutuhkan.

Selain itu, terdapat fasilitas yang membuat nasabah nyaman seperti fasilitas autodebit, setoran bulanan dari rekening sumber dana, dan dana yang akan berpindah buku secara otomatis ketika jatuh tempo.

“Hal ini juga sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang kami canangkan di mana kami ingin menunjukkan bahwa produk bank syariah juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah," pungkasnya.

Baca juga: Kunjungi Bukalapak dan Tiket, Bank Muamalat Siap Adopsi Model Bisnis StartUp