MRT Jakarta Raih Marketeers Omni Brands of the Year 2019

MRT Jakarta Raih Marketeers Omni Brands of the Year 2019
Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin saat menerima penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2019/Sumber: MRT Jakarta

PT MRT Jakarta menjadi salah satu perusahaan dari 21 perusahaan yang menerima penghargaan dalam ajang Marketeers Omni Brands of the Year 2019. Penghargaan diterima langsung oleh ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin di Jakarta, Rabu 24 Juli lalu.

Marketeers Omni Brands of the Year 2019 merupakan ajang yang mengapresiasi bagi jenama (brand) yang dinilai berhasil menggabungkan dunia luring (offline) dan daring (online) dalam melakukan ekspansi bisnis.

Baca juga: MRT Jakarta - Blue Bird Teken Kesepakatan Studi Pengembangan Layanan Transportasi Terintegrasi di Indonesia

“Bagi PT MRT Jakarta, kami sangat mengapresiasi penghargaan ini sebagai salah satu penyedia layanan jasa dari sektor transportasi publik. Ini menjadi dorongan bagi perusahaan untuk selalu menjaga pelayanan kepada pelanggannya,” ujar Muhammad Kamaluddin, dalam keterangan resmi perusahaan, baru-baru ini.

Muhammad Kamaluddin menegaskan, ini adalah penghargaan tentang omni, yang artinya bukan hanya fokus di sisi penjualan dan pemasaran (marketing) atau hubungan dengan media massa semata, namun juga harus kuat untuk aspek-aspek belakang layar perusahaan seperti passion for people dan passion for business.

Dalam kesempatan yang sama, Publisher Marketeers, Hermawan Kartajaya menambahkan, bisnis daring dan luring harus bisa sejalan.

“Kedua hal tersebut harus sejalan. Tidak bisa bisnis online hanya memanfaatkan platform online, begitu juga sebaliknya. Harus ada kolaborasi. Disrupsi teknologi jangan menjadi kekhawatiran. Justru harus menjadi peluang. Bagaimana merek harus bisa mengintegrasikan dua hal berbeda dan paradoks. Itulah omni,” tuturnya.

Untuk itu, Marketeers menilai bahwa jenama yang meraih penghargaan tersebut dinilai berhasil menggabungkan kedua kutub berbeda lewat berbagai strategi seperti penjualan, promosi, dan layanan pelanggan.

Ada perusahaan konvensional yang berhasil menjadi digital immigrant ada pula pemain dunia online yang merambah sektor konvensional.

Penerima penghargaan mala mini terdiri dari berbagai perusahaan dari berbagai sektor mulai dari hospitality, perbankan, fast-moving consumer goods (FMCG), hingga keuangan.

Baca juga: MRT Jakarta dan ITDP Indonesia Teken Nota Kesepahaman Studi Integrasi untuk Pesepeda dan Pejalan Kaki