MRT Jakarta dan Intiland Development Teken Pengembangan Transportasi Publik di kawasan South Quarter

MRT Jakarta dan Intiland Development Teken Pengembangan Transportasi Publik di kawasan South Quarter
MRT Jakarta dan Intiland Development Teken Pengembangan Transportasi Publik di Kawasan South Quarter/Sumber: MRT Jakarta

PT MRT Jakarta dan PT Intiland Development Tbk menandatangani Nota Kesepahaman terkait pemenuhan kebutuhan area park and ride dalam bentuk menyediakan, mengoperasikan, dan memelihara lahan seluas sekitar 3.500 meter persegi yang terletak di kawasan South Quarter, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dan Direktur Utama PT Intiland Development Tbk, Utama Gondokusumo, dan Direktur PT Intiland Development Tbk, B. Chandra Maulana Makmoen yang disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono, Kamis 15 Agustus 2019.

Baca juga: MRT Jakarta Raih Marketeers Omni Brands of the Year 2019

William Sabandar sangat mengapresiasi PT Intiland Development Tbk sebagai stakeholder pertama yang menyiapkan area park and ride, yang mendedikasikan lahannya untuk pengembangan transportasi publik. Ini adalah sebuah model kerja sama yang luar biasa antara MRT Jakarta, Transjakarta dan sektor swasta.

"Kebutuhan area park and ride saat ini meningkat karena tingkat penggunaan (ridership) MRT Jakarta juga meningkat. Kapasitas area park and ride di Lebak Bulus dan Stasiun Fatmawati sudah penuh, apalagi dengan perluasan area ganjil genap kendaraan bermotor,” jelas William Sabandar dalam keterangan resmi, Jumat 16 Agustus 2019.

William juga menyampaikan bahwa dalam konsep integrasi, area park and ride adalah subsistem penting untuk menampung kendaraan dari pinggir Jakarta sebelum masuk ke wilayah Jakarta dengan menggunakan transportasi publik.

“Sekali lagi, saya mengajak sektor swasta untuk bersama-sama mendukung peningkatan penggunaan transportasi publik. Kami juga mengapresiasi kerja sama dengan Transjakarta yang menyediakan akses pengumpan dan menghubungkan area park and ride ini dengan Stasiun MRT Jakarta di Fatmawati dan Lebak Bulus,” tuturnya.

Menyikapi hal ini, Direktur Pengembangan Bisnis PT Intiland Development Tbk, Permadi Indra Yoga, menyampaikan apresiasinya atas peresmian area park and ride ini.

“Kolaborasi yang sangat baik antara Transjakarta dan Intiland dengan mengembangkan area park and ride ini sehingga memudahkan warga di kawasan ini untuk bisa menitipkan mobilnya di sini dan menggunakan bus Transjakarta dan MRT Jakarta,” ucapnya.

South Quarter terletak di antara Stasiun Lebak Bulus Grab dan Fatmawati. Saat ini ada sekitar 10 ribu orang setiap hari yang beraktivitas di kawasan ini.  

“Kami perkirakan dalam tiga atau empat tahun ke depan, akan ada 20 ribu orang yang beraktivitas di sini. Kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi publik,” pungkasnya.

Baca juga: MRT Jakarta dan Bekraf Gelar Pelatihan dan Mentoring ke 13 UMKM Terpilih