MRT Jakarta dan Bekraf Gelar Pelatihan dan Mentoring ke 13 UMKM Terpilih

MRT Jakarta dan Bekraf Gelar Pelatihan dan Mentoring ke 13 UMKM Terpilih
MRT Jakarta dan Bekraf Gelar Pelatihan dan mentoring ke 13 UMKM Terpilih/Sumber: MRT Jakarta

Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang akan mengisi tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati, dan Stasiun Dukuh Atas BNI, PT MRT Jakarta bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, melakukan kurasi terhadap sejumlah UMKM. Hasilnya, terpilih 13 usaha rintisan yang terdiri dari tujuh bidang kuliner, dua jenis kriya, dan empat bidang mode atau fesyen.

Sebelum mengisi lapak tersebut, setiap UMKM harus mengikuti pelatihan dan mentoring selama lima hari (5-9 Agustus 2019) di Kantor Pusat PT MRT Jakarta. Pelatihan berisi materi seputar pengetahuan produk (product knowledge), desain gerai (booth design), dan pelatihan tentang point of sales (POS).

Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Ghamal Perish, menyampaikan harapan atas hadirnya UMKM di MRT Jakarta.

Baca juga: MRT Jakarta Raih Marketeers Omni Brands of the Year 2019

“Dari laporan yang saya terima, antusiasme belajar peserta sangat bagus. Seperti yang kita sudah sampaikan sebagai platform bisnis Anda berada di tempat premium. Sebagai perusahaan pelayanan jasa, fokus kami adalah bekerja untuk publik. Kami berharap teman-teman semua bisa mendapatkan manfaat dari pelayan publik MRT Jakarta,” jelas Ghamal Perish dalam keterangan resmi, Jumat 9 Agustus 2019.

Menurut Ghamal Perish, jaringan MRT Jakarta sangat luas dan kuat sehingga bila teman-teman membutuhkan dukungan misalnya tentang pelatihan bisnis tertentu, MRT siap bantu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Gubernur juga mendorong pemberdayaan UMKM. Mari bekerja bersama untuk menyukseskan UMKM di Jakarta.

Salah satu peserta pelatihan, Direktur Kreatif KOMMABASIC, Trisna, menyampaikan apresiasinya atas pelatihan ini karena sangat berguna untuk lebih bisa bersaing dengan brand lain yang sudah terkenal karena jenama lokal tidak kalah kualitasnya dengan merek besar dan terkenal tersebut.

Sebagai bagian dari materi pelatihan, PT MRT Jakarta juga menyampaikan sejumlah aturan terkait keselamatan dan keamanan di area stasiun yang disampaikan oleh tim SHES dan operasi agar dalam menjalankan usahanya, pemilik gerai tetap mengikuti aturan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan stasiun penempatan.

Sebelumnya, pada 5 Oktober 2018 lalu, PT MRT Jakarta dan Bekraf RI menandatangani Nota Kesepahaman terkait pengembangan pasar dan jasa ekonomi kreatif. Salah satu hal utama dari kesepakatan tersebut adalah pemberian fasilitas kepada pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan akses pasar dalam negeri dan luar negeri.

Baca juga: Listrik Padam, Ratangga Tak Bisa Jalan. MRT Jakarta Alami Kerugian 507 Juta Rupiah