Melihat Keindahan Wisata Indonesia dalam Video Keselamatan Garuda Indonesia

Melihat Keindahan Wisata Indonesia dalam Video Keselamatan Garuda Indonesia
Salah satu foto still dari safety video Garuda Indonesia (Sumber: IG @garuda.indonesia)

Di hari terakhir bulan Juli 2019 lalu, Garuda Indonesia meluncurkan video keselamatan baru (safety video) bertema Keindahan Indonesia. Melalui video berdurasi 4 menit 30 detik itu Garuda Indonesia memberikan panduan keamanan di atas pesawat sekaligus mempresentasikan potensi wisata Indonesia.

Maskapai nasional milik negara tersebut beranggapan bahwa pesona keindahan dan eksotisme Indonesia adalah representasi yang tidak terpisahkan dari identitas Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier.

Di sisi lain, dengan menampilkan keindahan pariwisata Indonesia, Garuda Indonesia turut berkontribusi dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia. Terlebih lagi, Garuda Indonesia memiliki posisi strategis sebagai perusahaan transportasi yang melayani penerbangan ke berbagai destinasi di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Untuk Pertama Kali, Pilot Perempuan Asal Papua Gabung di Garuda Indonesia Group

Video prosedur keselamatan ini ditayangkan di Audio Video on Demand (AVOD) di seluruh armada pesawat Garuda Indonesia mulai tanggal 1 Agustus 2019. Selain itu, video yang dibuka dengan adegan tari piring tersebut juga di-posting di beberapa akun resmi media sosial Garuda Indonesia.

Dari pantauan tim Upperline.id, untuk laman Instagram @garuda.indonesia, video ini telah ditonton lebih dari 60 ribu kali. Sementara di akun youtube resminya, Garuda Indonesia mengunggah versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Keduanya sudah menarik perhatian kurang lebih 20 ribu penonton.

Salah satu bagian yang unik dari safety video ini adalah adegan-adegan yang melibatkan properti mobil dan motor untuk menjelaskan atribut keselamatan pesawat. Adapun mobil dan motor yang dipakai adalah satu mobil Mini Cooper tipe Countryman 4WD, satu mobil elektrik Renault tipe Twizy, dan satu motor BMW R 1250 GS Adventure. Mengenai hal ini, Garuda mengaku bekerja sama dengan Maxindo Nusantara Group, sebagai distributor resmi merek-merek tersebut.

Selain tampilan adegan yang menarik, Garuda Indonesia juga menjadi pelopor maskapai di Indonesia dalam menghadirkan fitur translasi bahasa isyarat bagi penyandang tuna rungu.

“Kami berupaya untuk senantiasa memberikan pendekatan yang berbeda dalam menyajikan informasi safety awareness secara efektif, serta mengedukasi pengguna jasa Garuda Indonesia akan pentingnya prosedur keselamatan selama dalam penerbangan,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Lebih lanjut, inovasi layanan Garuda Indonesia juga ditingkatkan melalui penandatanganan kerja sama antara PT Garuda Indonesia dan PT BMW Indonesia. Juga kerja sama dengan PT Aerotrans Services Indonesia serta PT Maxindo Mobil Indonesia.

Ari mengungkapkan, “Dalam hal perjanjian kerja sama dengan PT BMW Indonesia, Garuda Indonesia berencana untuk menyediakan dua unit mobil BMW 740Li sebagai opsi tambahan untuk kendaraan bagi para penumpang First Class Garuda Indonesia.”

Dengan berbagai inovasi tersebut, Ari berharap agar maskapai dapat terus memenuhi kebutuhan para pengguna jasa Garuda Indonesia. Dan tentunya, perseoran berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dengan tetap mengacu kepada standar keamanan penerbangan internasional.

Baca juga: Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Potensi Atlet Squash