Melalui e-Learning, Pelindo 1 Ajarkan Materi Ekspor Impor Kepabeanan

Melalui e-Learning, Pelindo 1 Ajarkan Materi Ekspor Impor Kepabeanan
Pelindo 1 Ajarkan Materi Ekspor Impor Kepabeanan / Foto: Dok. Pelindo 1

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menyelenggarakan kelas e-learning perdana untuk materi ekspor impor kepabeanan di Universitas Korporat milik Pelindo 1, Rabu, 13 Februari 2019.

Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya yang membuka acara ini menjelaskan, ini merupakan sejarah baru dalam dunia pelatihan dan pendidikan di Pelindo1, serta menjadi salah satu langkah kecil untuk menuju langkah besar berikutnya sehingga Corporate University melakukan penyempurnaan dalam melaksanakan kegiatan e-learning.

“Semoga Diklat ini penuh keberkahan serta bermanfaat bagi kita semua,” terang M. Hamied Wijaya, dalam keterangan resmi, Kamis 14 Februari 2019.

Menurut Hamied Wijaya, diklat ini merupakan diklat pertama yang dilakukan melalui metode e-learning yang diikuti dengan pembahasan materi Pengenalan Peti Kemas, Penanganan Peti Kemas, Fasilitas dan Peralatan di Pelabuhan, Marine Services, serta materi Bahasa Inggris.

Baca juga: Jalankan PKBL, Pelindo 1 Belawan Serahkan 2 Mesin Penggiling Ke Kelompok Ternak

“Harapannya diklat dengan metode e-learning tentang kepelabuhan ini tidak hanya ditujukan untuk kalangan internal Pelindo 1 namun juga bisa ditawarkan untuk pihak eksternal, khususnya komunitas kepelabuhan dan masyarakat,” jelas M. Hamied Wijaya.

Sebagai informasi, Diklat Ekspor Impor Kepabeanan merupakan program unggulan Corporate University Pelindo 1 yang diselenggarakan secara reguler sejak tahun 2017.

Diklat ini bertujuan untuk penyerataan pemahaman terkait kegiatan ekspor impor dan kepabeanan bagi seluruh pegawai Pelindo 1, mencetak professional talent yang kompeten dan tersertifikasi di bidang kepabeanan untuk mendukung pengembangan bisnis perusahaan jangka panjang, serta mendukung ekspansi bisnis perusahaan dalam usaha pengembangan logistik internasional.

Baca juga: Pelindo I Dukung Pemkot Tingkatkan Pariwisata Tanjungpinang

Sebagai informasi, Pelindo 1 sendiri memiliki berbagai pelayanan yang meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhan lainnya.

Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini, Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.