Medco Cetak Kenaikan Laba Bersih di Triwulan 1 2019

Medco Cetak Kenaikan Laba Bersih di Triwulan 1 2019
Medco berhasil meningkatkan laba bersih di triwulan 1 2019. (Sumber: Medco Energi Internasional)

PT Medco Energi Internasional Tbk berhasil mendongkrak laba bersih perusahaan di triwulan pertama 2019. Laba bersih mengalami kenaikan sebesar 29.7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya di angka 28,1 juta dolar AS, Sektor minyak, gas dan kelistrikan adalah kontributor terbesar atas tercapainya laba tersebut.

Sementara laba kotor mencapai 172,3 juta dolar AS, 14,2% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Perusahaan membukukan EBITDA sebesar 159,5 juta dolar AS, 8,2% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya  didorong oleh volume gas, harga gas dan harga listrik yang lebih tinggi. 

Baca juga: MedcoEnergi Terbitkan Obligasi US$650 Juta

“Hasil kuartal pertama yang sangat kuat didorong oleh mulai meningkatnya produksi dari Blok A Aceh dan kinerja yang solid dari asset-aset kami lainnya. Keyakinan dari lembaga-lembaga pemeringkat sangat memuaskan, juga hampir tercapainya target Hutang Bersih terhadap EBITDA meskipun harga minyak yang lemah di level 60 dolar AS per barel untuk kuartal ini," ujar CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato.

Medco berhasil memproduksi 90.500 barel minyak ekivalen per hari (boepd) pada periode Januari-Maret 2019. Produksi tersebut didorong oleh produksi baru dari Aceh dan dimulai kembalinya produksi di Yaman. 

Baca juga: Medco Energi Rugi US$51,3 Juta di 2018

Medco tercatat membukukan kerugian sebesar 51,3 juta dolar AS di tahun 2018. Kerugian tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, di antaranya beban pendanaan dan dilusi investasi jangka panjang sebesar minus 19 juta dolar AS.