Mau Jadi Bagian dari Pertamina? Ini Lowongan yang Sedang Buka

Mau Jadi Bagian dari Pertamina? Ini Lowongan yang Sedang Buka
Ilustrasi Lowongan Pertamina (Sumber: recruitment.pertamina.com)

PT Pertamina (Persero) mungkin menjadi salah satu BUMN dengan peminat terbanyak ketika itu berhubungan dengan peluang kerja. Dan jika kalian salah satu yang berminat bekerja di perseroan pengelola minyak dan gas (MIGAS) Indonesia tersebut, ini adalah saat yang tepat untuk mencoba lowongan kerja yang tersedia saat ini.

Dilansir dari situs resmi rekrutmen Pertamina, perusahaan yang dipimpin Nicke Widyawati tersebut tengah mencari kandidat fresh graduate yang akan ditempatkan di tiga posisi. Yang pertama adalah Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) 2019, kemudian Bimbingan Keahlian Juru Teknik (BKJT) 2019 dan yang terakhir Bimbingan Profesi Ahli (BPA) 2019.

Baca juga: Minat Karir di BUMN? HK Tawarkan Posisi Technical Coordinator SAP dan SAP Manager

Masing-masing posisi membutuhkan kriteria kandidat yang berbeda. Pertama adalah lowongan BPS. Untuk posisi ini, Pertamina mencari kandidat yang merupakan lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B pada jurusan masing-masing.

Adapun jurusan yang diperbolehkan mendaftar adalah Akuntansi, Ilmu Hukum, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Fisika, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Manajemen, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Perkapalan, Teknik Arsitek, Kedokteran Umum.

Perseroan juga mensyaratkan kandidat harus memiliki IPK minimal 3.00 dari angka maksimal 4.00. Dan perlu digarisbawahi bahwa lowongan ini terbuka hanya bagi calon pendaftar yang berusia tak lebih dari 27 tahun atau maksimal kelahiran tahun 1992.

Untuk posisi kedua atau BKJT, calon pendaftar haruslah lulusan SMA atau SMK dengan nilai rata-rata SKHUN/Ujian Nasional minimal 6. Bagi calon pelamar lulusan SMK, Pertamina menginginkan kandidat dari lulusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Listrik, dan Teknik Instrumen.

Selanjutnya, lowongan ketiga, Bimbingan Profesi Ahli (BPA) ditujukan bagi lulusan D3 dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Lingkungan, Manajemen dan Teknik Elektro.

Mereka adalah lulusan dari perguruan tinggi yang setidaknya sudah mengantongi akreditasi B untuk jurusan terkait. Dan perlu diingat bahwa IPK minimal yang diharapkan perseroan adalah 2.75 dari nilai maksimal 4.00. Untuk lowongan terakhir ini, pendaftar haruslah berumur tak lebih dari 25 tahun.

Jika kandidat terpilih dalam rekrutmen ini, selanjutnya mereka akan mendapatkan Pre-Employment Training (PET) untuk disiapkan menjadi karyawan di level dan bidangnya masing-masing. Jadi, apakah kalian tertarik Upperliners? Jika tertarik, segeralah buka situs rekrutmen Pertamina! Namun, kalian harus bisa bersabar karena situs beberapa kali down akibat banyaknya pengunjung. Selamat mencoba!

Baca juga: Inilah Agenda CSR Pertamina di HUT RI ke-74