Mandiri Syariah Beri Fasilitas Supplier Financing pada Inka Multi Solusi

Mandiri Syariah Beri Fasilitas Supplier Financing pada Inka Multi Solusi
PT INKA MULTI SOLUSI (IMS) melakukan pengiriman enam unit Kontainer Buka Samping (Open Side Dump Container) ke wilayah Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, yang merupakan pesanan PT Kereta Api Logistik (PT Kalog) (Sumber: IMS)

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memberikan fasilitas pembiayaan supplier financing pada PT Inka Multi Solusi (IMS). Kerja sama ini membuat Inka Multi Solusi bisa mendapatkan talangan sampai 100 miliar dengan tenor maksimal dua tahun.

Inka Multi Solusi adalah anak usaha Badan Usaha Milik Negara PT Industri Kereta Api (Persero). Perusahaan tersebut bergerak dalam total solution provider bidang konstruksi dan perdagangan komponen atau suku cadang perkerataapian dan produk transportasi darat.

Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah Kusman Yandi mengatakan supplier yang memperoleh talangan harus memenuhi syarat antara lain sesuai BI checking memiliki kolektibilitas lancar, dan mendapat rekomendasi dari IMS. Bank, kata ia, akan membiayai maksimal hingga 100 persen dari nilai tagihan supplier kepada PT Inka Multi Solusi.

"Kami berharap bisa terus mengembangkan bisnis di bidang supplier financing ini dengan menggandeng mitra strategis dari BUMN dan perusahaan besar lainnya," kata Kusman Yandi dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 Desember 2018.

Mandiri Syariah sudah bekerjasama dalam fasilitas pembiayaan supplier financing dengan tujuh perusahaan. Total pembiayaan supplier financing hingga saat ini mencapai Rp 2,6 triliun.

IMS awalnya bernama PT Railindo Global Karya. Pada 28 November 2014, PT Industri Kereta Api (Persero) mengakusisi 95 persen saham dan mengubah nama perusahaan.