Manajemen Pelindo IV Terima 20 SMN Asal Papua dari Sulbar

Manajemen Pelindo IV Terima 20 SMN Asal Papua dari Sulbar
Peserta Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Papua Barat/Sumber: Pelindo IV

INAPORT4 - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menerima 20 Siswa Mengenal Nusantara bersama 3 orang pendamping asal Papua Barat yang baru selesai melakukan pertukaran budaya dan adat istiadat di Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (21 Agustus 2019).

Ke-20 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari beberapa sekolah di Papua Barat tersebut selama hampir 10 hari belajar tentang Nusantara, terutama tentang Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan program SMN yang merupakan bagian dari "BUMN Hadir untuk Negeri" adalah program yang digagas oleh Kementerian BUMN dan sudah dijalankan selama 5 tahun. 

"Pelindo IV sendiri juga ada program Sampoerna Foundation, yaitu beasiswa bagi siswa/siswi SMA yang akan melanjutkan pendidikan S1. Nanti setelah lulus, bisa bekerja di Pelindo IV. Program ini juga adalah bagian dari BUMN Hadir untuk Negeri."

Dalam kesempatan itu, Dirut Pelindo IV juga lebih banyak memberikan semangat dan motivasi kepada para SMN asal Papua Barat, dengan menekankan kepada para SMN agar selalu giat belajar, hormat dan taat kepada orangtua dan tak lupa untuk selalu rajin beribadah.

Dia juga meminta kepada para SMN asal Papua Barat untuk tidak ikut terpancing dengan permasalahan yang belum lama ini terjadi dan berimbas pada aksi massa yang terjadi di wilayah Papua pada Senin, 19 Agustus lalu.

"Adik-adik jangan terpancing emosi dan tidak perlu dendam. Jangan pernah berpikir bahwa Pemerintah tidak pernah memperhatikan SDM dan wilayah Papua. Saat ini Pemerintah lebih dominan mau membangun infrastruktur di Papua. Itu tanda Papua juga menjadi perhatian dari Pemerintah kita. SDA paling banyak di Papua, makanya adik-adik harus bangga menjadi orang Papua dan harus memiliki cita-cita setinggi langit," kata Farid memberi semangat.

Sementara itu Monica, salah satu SMN asal Papua mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, terutama Ibu Menteri Rini M. Soemarno beserta PT Pelindo IV dan PT Sucofindo yang telah memberikan kesempatan kepada mereka (SMN dari Papua), untuk memiliki lebih banyak teman dan mengenal kearifan lokal yang ada di Sulawesi Barat.

"Terima kasih, selama di Mamaju kami diberikaan fasilitas yang baik dan diajak untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana," kata Monica.

"Sekali lagi terima kasih kepada Kementerian BUMN, PT Pelindo IV dan PT Sucofindo yang sudah memberikan kami kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kami kunjungi. Semoga program ini terus berlanjut, sehingga bisa juga dirasakan oleh adik-adik kami yang ada di Papua."

Sebelum melepas SMN untuk terbang kembali ke Manokwari, Papua Barat, Farid Padang mengadakan quis dengan memberikan pertanyaan kepada semua SMN.

Setiap SMN yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik, mendapatkan hadiah dari Dirut Pelindo IV.