Makin Instagramable, Brantas Abipraya Percantik Kawasan Kota Lama Semarang

Makin Instagramable, Brantas Abipraya Percantik Kawasan Kota Lama Semarang
Kawasan kota lama Semarang/Sumber: Brantas Abipraya

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki kawasan kota tua yang wajib dikunjungi para pelancong. Kawasan yang dulunya merupakan pusat perdagangan pada abad ke-19, kini beralih fungsi menjadi spot wisata budaya.

Terlebih, usai direvitalisasi pada April 2019 lalu, kawasan kota lama Semarang semakin instagramable. Ruas jalan yang telah ditata ulang makin mendukung keanggunan bangunan bersejarah di sekitarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Satuan Kerja Pengembangan Kawasan telah mulai menata kawasan kota lama Semarang sejak Desember 2017.

PT Brantas Abipraya (Persero) bersama KMI (KSO) menjadi kontraktor yang didaulat mengerjakan proyek senilai Rp172 miliar tersebut.

Penataan kawasan yang dilakukan antara lain berupa pekerjaan infrastruktur jalan, drainase, serta aplikasi street furniture dan lansekap. Selain itu, Brantas Abipraya juga membuat kolam retensi dan rumah pompa sekaligus pemindahan utility dan eksisting BPCB.

Revitalisasi kawasan seluas 7,74 kilometer persegi itu dirasa perlu mengingat Kota Semarang memiliki kawasan dan bangunan yang bersejarah. Ditambah, sejumlah pertimbangan seperti banyaknya bangunan pusaka yang potensial dari sisi kebudayaan dan ekonomi.

Selain itu, peremajaan kawasan warisan bersejarah tersebut merupakan implementasi dari Perda No. 8/2003 tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan Kawasan Kota Lama Semarang.

Disamping memimalkan dari ancaman rob, kawasa kota tua Semarang kini tengah dalam proses

penetapan sebagai World Heritage berdasarkan tentative list No. 6011 UNESCO.

Peremajaan kawasan kota lama Semarang merupakan salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah melalui keterpaduan perencanaan dan sinkronisasi program pembangunan infrastruktur dari Kementerian PUPR yang sinergis antar sektor, wilayah, dan antartingkat pemerintah