Lion Air Kembali Terbang 10 Juni, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Penumpang

Lion Air Kembali Terbang 10 Juni, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Calon Penumpang
Pesawat Lion Air (Sumber: dok. Lion Air)

Lion Air Group akan segera memulai operasional untuk melayani penumpang pada 10 Juni 2020. Beberapa maskapai seperti Lion Air, Wings Air dan Batik Air akan memulai penerbangan penumpang berjadwal untuk rute domestik pada tanggal tersebut.

Pembukaan kembali penerbangan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa calon penumpang sudah mulai memahami persyaratan yang harus dipenuhi untuk terbang dengan pesawat. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengeluarkan surat edaran yang berisi persyaratan penerbangan yang relatif lebih sederhana untuk dipenuhi.

Berdasarkan Surat Edaran No. 7 Tahun 2020 tersebut, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti PCR atau Rapid Test dan atau surat keterangan kesehatan. Pihak Lion Air meminta calon penumpang untuk memperhatikan hal-hal berikut,

  1. Jika tes kesehatan yang digunakan Rapid Test, maka masa berlaku adalah 3 hari, atau jika tes kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), maka masa berlaku ialah 7 hari,
  2. Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) dari dokter rumah sakit/ Puskesmas.

Selain surat petunjuk kondisi medis tersebut, Lion Air juga menhimbau agar calon penumpang tiba di terminal keberangkatan empat jam sebelum keberangkatan. Mereka juga wajib membawa identitas pengenal seperti KTP, SIM, atau pengenal lain.

Selanjutnya, untuk menekan penyebaran Covid-19, Lion Air juga meminta agara calon penumpang mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman (physical distancing).

“Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan harapan agar setiap operasional memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan (safety first) dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air.

Baca juga: Butuh Waktu Sosialisasi Ketentuan Penerbangan, Lion Air Group Stop Operasi