LinkAja Akuisisi Fintech Peer to Peer Lending Bernama iGrow

LinkAja Akuisisi Fintech Peer to Peer Lending Bernama iGrow
Ilustasi LinkAja (Sumber: dok. LinkAja)

Pada kuartal ke-2 2021, LinkAja melakukan aksi korporasi yakni mengakuisisi salah satu perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) bernama IGrow. Aksi korporasi ini dilakukan setelah sebelumnya, LinkAja mendapatkan pendanaam series-B senilai lebih dari 100 juta dolar Amerika.

IGrow merupakan fintek P2P lending yang telah terdaftar di OJK yang merupakan produk PT IGrow Resources Indonesia. Langkah akuisisi IGrow ini bertujuan untuk memperluas lini bisnis LinkAja ke pembiayaan online, terutama untuk sektor produktif UMKM. 

UMKM merupakan salah satu tulang punggung perputaran ekonomi Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (“BPS”), jumlah pelaku UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta dengan pertumbuhan 2,02% setiap tahunnya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh UMKM, seperti kurangnya informasi dan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

“Perluasan lini usaha di bidang pembiayaan merupakan langkah nyata LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi, terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM," ungkap Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja dalam keterangan resmi perusahaan, 29 April 2021.

LinkAja berharap langkah bisnis ini dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM yang selama ini masih terfokus di Pulau Jawa dan Kota Tier 1. Hal ini karena LinkAja memiliki jaringan ekosistem yang kuar di berbagai daerah di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan LinkAja sebagai penyedia jasa uang elektronik nasional yang memiliki kesamaan tujuan dengan iGrow, yaitu untuk dapat memperkuat perekonomian Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM," jelas Jim Oklahoma, Direktur Pengembangan Bisnis PT IGrow Resource Indonesia (IGrow).

Baca juga: Pegadaian - LinkAja Kolaborasi, Nabung Emas Bisa dari Aplikasi LinkAja