Lewat KADIN dan Yayasan Buddha Tzu Chi, Swasta Bergerak Perangi Virus Corona Bersama Pemerintah

Lewat KADIN dan Yayasan Buddha Tzu Chi, Swasta Bergerak Perangi Virus Corona Bersama Pemerintah
KADIN - Yayasan Buddha Tzu Chi jalin kerja sama dengan Kementerian BUMN (Sumber: dok. Kementerian BUMN)

Dalam penanganan pandemi COVID-19, bantuan tak hanya datang dari lembaga-lembaga pemerintah atau BUMN, tetapi juga perusahaan swasta. Mereka membantu di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Kami berharap, donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar. Untuk saat ini sudah terkumpul 300-an miliar lebih sedikit," ungkap Ketua Umum KADIN, Rosan Roeslani dalam konferensi pers online dengan wartawan, Selasa, 24 Maret 2020.

Adapun bantuan yang mereka berikan adalah berupa masker, Alat Perlindungan Diri (APD), alat bantu pernapasan (ventilator) serta masker. Sejauh ini, bantuan telah diberikan ke berbagai pihak seperti BNPB, Satgas COVID-19, PMI termasuk juga Pemda DKI.

Lebih jauh dalam dukungannya melawan pandemi Virus Corona, KADIN dan Yayasan Buddha Tzu Chi memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Kementerian BUMN.

"Kami juga ingin bekerja sama dengan Kementerian BUMN karena kita tahu bahwa BUMN ini sangat aktif dalam menjalankan beberapa program pemerintah yang berhubungan dengan Corona ini termasuk Wisma Atlit," lanjut Rosan.

Tentunya, bantuan tersebut disambut dengan sangat positif oleh Kementerian BUMN. Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan terima kasihnya sekaligus menegaskan bahwa modal penting untuk memerangi Virus Corona adalah dengan gotong royong.

"Saya terharu, bagaimana di saat seperti ini, Bangsa Indonesia tetap menunjukan gotong royong. Ini akan menjadi kekuatan kita melawan Corona," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir menyambut bantuan tersebut.

Bantuan yang dihimpun KADIN melibatkan hampir semua pengusaha di Indonesia. Meskipun saat ini kontribusi masih berasal dari pengusaha-pengusaha besar. Rosan pun menghimbau bagi perusahaan kecil atau menengah yang memiliki keinginan untuk membantu bisa ikut berkontribusi.

Beberapa perusahaan dan lembaga yang telah memberikan donasi di antaranya Astra International, Panin Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Ia berharap akan lebih banyak lagi perusahaan yang berkontribusi sehingga jumlah bantuan bisa melebihi target. Sehingga, sektor industri dapat membantu pemerintah dan masyarakat lebih banyak lagi dalam memerangi Virus Corona yang penyebarannya kian masif.

Baca juga: Hadapi COVID-19, Kalbe Gelontorkan Rp25 Miliar