Laboratorium RSPJ Bisa Tes Corona dengan Kapasitas 1.300 Sampel Per Hari

Laboratorium RSPJ Bisa Tes Corona dengan Kapasitas 1.300 Sampel Per Hari
Menteri BUMN, Erick Thohir saat meninjau RSPJ (Sumber: Dok. Kementerian BUMN)

Sejak ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19, Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) terus berbenah. Sarana dan prasarana serta fasilitas kesehatan diubah dan disesuaikan untuk kebutuhan pasien Covid-19.

Setelah sekitar tiga pekan dikerjakan, saat ini persiapan telah mencapai 90 persen. Sehingga empat hari lagi, rumah sakit sudah siap untuk dioperasikan. Selain persiapan berupa fasilitas kesehatan, RSPJ juga telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga medis.

"SDM juga sudah kita siapkan hampir 800 lebih tenaga medis dan tenaga pendukung yang telah diproses melalui rekrutmen dan juga mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ,” ujar Direktur SDM Pertamina Kushartanto dalam keterangan resmi Kementerian BUMN, Senin, 6 April 2020.

Dr Fathema, Direktur Utama IHC, menjelaskan bahwa RSPJ ini memiliki kapasitas 160 tempat tidur. Semuanya dilengkapi dengan negative pressure dan tata udara yang sesuai untuk mengobati Covid-19. Selain itu, rumah sakit juga dilengkapi oleh peralatan ICU yang lengkap.

Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan command center sehingga 65 rumah sakit BUMN di seluruh Indonesia terkoneksi. Hal ini memudahkan rumah sakit di berbagai daerah untuk melaporkan kendala yang dihadapi.

"Seluruh rumah sakit BUMN sudah bersiap siap dan meningkatkan kapasitas ruangan. Setengah dari kapasitas rumah sakit disiapkan untuk pasien Covid-19," terang Fathema.

Khusus untuk laboratorium, sudah disiapkan alat tes dari Swiss, Roche, yang mampu melakukan tes 1.300 sampel setiap harinya. Alat ini akan menganalisa asam nukleat yang diekstraksi dari air liur atau lendir pasien, kemudian membandingkan dengan urutan yang ditemukan pada strain virus corona.

Dengan alat ini, hasil tes dapat diketahui dalam waktu empat jam. Berdasarkan pada teknologi PCR, sistem ini memberikan kinerja yang terbukti dengan otomatisasi penuh dan meningkatkan efisiensi karena waktu penyelesaian yang cepat. Konektivitas treknya pun lengkap yang memang divalidasi untuk pengujian molekuler.

"Untuk menangani Covid-19 ini, tes menjadi sangat penting, minggu ini mesin untuk memproses hasil tes Covid-19 di RSPJ dapat segera digunakan. Mesin yang sanggup membaca lebih dari 1.300 tes per hari itu merupakan bentuk sinergi dari sejumlah BUMN,” jelas Erick Thohir, Menteri BUMN.

Selain RSPJ, Pertamina juga menyediakan aset lain untuk penanganan Covid-19, yakni Hotel Patra Comfort. Hotel tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

Baca juga: Menteri Erick Lakukan Pemetaan Langkah Strategis untuk Kuatkan Daya Tahan BUMN