Kunjungi Bukalapak dan Tiket, Bank Muamalat Siap Adopsi Model Bisnis StartUp

Kunjungi Bukalapak dan Tiket, Bank Muamalat Siap Adopsi Model Bisnis StartUp
Kunjungi Bukalapak dan Tiket, Bank Muamalat Siap Adopsi Model Bisnis StartUp / Foto: Dok ;

Dalam rangka mempelajari perkembangan bisnis perusahaan rintisan (startup) berbasis digital di Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) mengunjungi kantor Bukalapak dan Tiket.com.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana, dalam keterangan resmi, Jumat 1 Februari 2019, menjelaskan, perkembangan perusahaan startup di Indonesia sangat menarik untuk dipelajari. Pasalnya mereka punya cara kerja yang inovatif, agile dan customer centric.

“Banyak hal yang dapat dipelajari dari perusahaan startup. Kami akan mengadopsi hal-hal yang tidak bertentangan dengan khittah kami sebagai bank syariah. Ini juga bagian dari gerakan #AyoHijrah untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik,” kata Achmad K. Permana.

Baca juga: Saat E-Commerce Paksa Pengusaha Tutup Gerai Offline

Menurut Achmad K. Permana, Perhatian Bank Muamalat terhadap dunia digital juga sebagai bentuk implementasi dari regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang penyelenggaraan layanan perbankan digital No. 12/POJK.03/2018.

Permana berharap, kerja sama dengan perusahaan startup dapat lebih ditingkatkan ke depannya. Salah satunya adalah perusahaan startup membuka rekening penampungan dana di Bank Muamalat sebagai bagian dari kampanye Ayo Hijrah.

Kunjungan ke Bukalapak dan Tiket.com ini merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya Bank Muamalat mengunjungi media online Kumparan dan market place Elevenia.

Baca juga: Tumbuh 35,4%, Bank Muamalat Kantongi Laba Bersih Rp16,60 Miliar

Dalam kunjungan tersebut karyawan Bank Muamalat mendapatkan kesempatan untuk berkeliling kantor untuk melihat langsung cara kerja karyawan startup, inovasi yang dilakukan hingga budaya atau nilai-nilai yang mereka jalankan.

Sebagai informasi, Bank Muamalat mencanangkan gerakan #AyoHijrah tidak terbatas untuk ibadah saja, tetapi juga penggunaan layanan keuangan yang sesuai syariat. Bank Muamalat optimistis strategi ini mampu meningkatkan pertumbuhan dana murah Bank Muamalat di 2019.

Pada tahun 2018 perseroan sudah melakukan tur #AyoHijrah ke kota-kota besar seperti Makassar, Bandung, Medan, dan Semarang yang memiliki potensi bisnis besar.

Selain itu, sebagai bank syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat ingin berkontribusi terhadap peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui gerakan #AyoHijrah.