Komisaris Utama Pertamina Berbagi Tips Agar Milenial Aceh Sukses Bersaing

Komisaris Utama Pertamina Berbagi Tips Agar Milenial Aceh Sukses Bersaing
Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng berbagi pengalaman dengan milenial Aceh (Sumber: Pertamina)

Untuk menciptakan SDM yang siap bersaing di masa depan, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Tanri Abeng, memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Kuliah umum yang bertemakan “BUMN sebagai Lembaga Pelaku Ekonomi Negara dan Politik Ekonomi Inklusif Melalui BUMR” ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada generasi milenial di Aceh, agar kelak dapat berkontribusi memajukan perekonomian nasional.

Tanri mengatakan generasi muda memiliki peran yang penting ke depan untuk kemajuan BUMN. Pasalnya mereka memiliki akses yang lebih luas terhadap informasi baik dalam maupun luar negeri. 

"Dengan kemudahan akses itu, generasi muda memiliki ilmu yang lebih banyak. Tinggal diarahkan agar menjadi SDM yang berkualitas dan mampu bersaing ke depannya termasuk di BUMN," jelas Tanri, seperti dilansir laman resmi perseroan baru-baru ini.

Baca juga: Jalan Tol Rampah-Tebing Tinggi Gratis Sampai 20 April

“Sebagai orang yang memiliki pengalaman baik saat menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan BUMN atau pun saat ini sebagai Komisaris di Pertamina, saya punya kewajiban untuk mengarahkan para generasi milenial agar mereka siap berkontribusi,” lanjut Tanri.

Marketing Branch Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Awan Raharjo, memaparkan kegiatan kuliah umum ini berdampak positif bagi generasi muda. 

“Kegiatan kuliah umum seperti ini harus sering dilakukan. Generasi milenial yang melek teknologi dan punya kreativitas tinggi, akan dapat berperan memajukan perekonomian nasional termasuk melalui BUMN,” tutur Awan.

Pengalaman Tanri Abeng selama 50 tahun berkarier tertuang dalam buku yang berjudul “Pelajaran Bagi Bangsa 50 Tahun Kinerja Professional Tanri Abeng” karya Fachri Ali. Buku ini mengupas perjalanan Tanri Abeng yang berasal dari desa kecil di pulau Selayar hingga memimpin di berbagai perusahaan multinasional. Tak hanya itu, ia juga berkarya sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN, dan saat ini sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Baca juga: Antara Pertamina, Avtur dan Harga Tiket Pesawat Domestik