Kimia Farma Beli Saham RNI di Phapros

Kimia Farma Beli Saham RNI di Phapros
Gedung Kimia Farma (Sumber: Kimia Farma)

PT Kimia Farma Tbk membeli 56,77% saham PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) di PT Phapros Tbk. Pembelian tersebut dituangkan dalam Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat yang ditandatangani kedua belah pihak.

Perseroan berharap akuisisi tersebut dapat meningkatkan pangsa pasar farmasinya. Pasalnya, pengambilalihan ini Kimia Farma akan memiliki pangsa pasar farmasi hingga lebih dari 6%. Demikian diungkapkan korporasi dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, 14 Februari 2019.

Kimia Farma optimis akuisisi tersebut akan memperkaya portofolio produksi obat yang saat ini belum dimiliki perusahaan. Akuisisi tersebut juga diharapkan dapat mendukung akselerasi pertumbuhan non-organik korporasi, mengingat pertumbuhan aset dan profitabilitas Phapros adalah salah satu yang terbaik di industri farmasi.

"Dengan pengambilalihan, Kimia Farma dapat memanfaatkan channel distribusi yang dimiliki Phapros dan melakukan efisiensi biaya, baik di biaya pemasaran dan biaya penelitian dan pengembangan," jelas korporasi.

Phapros adalah perusahaan terbuka yang mulai melantai di Bursa Efek Indonesia pada Desember 2018 melalui mekanisme initial public offering.

Baca juga: Gandeng Bank Mandiri, RNI Terapkan CMS dan Jasa Manajemen