Kerja Sama dengan Bluebird, KAI Antar Penumpang Sampai ke Rumah

Kerja Sama dengan Bluebird, KAI Antar Penumpang Sampai ke Rumah
KAI - Bluebird jalin kerja sama (Sumber: dok. KAi)

Di momen ulang tahun ke-75 yang jatuh pada 28 September 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) jalin kerja sama dengan Bluebird. Bersama Bluebird, KAI memberikan layanan Last Mile (transportasi lanjutan) bagi pelanggan kereta api (KA) jarak jauh. 

Dengan layanan tersebut, setelah turun kereta, pelanggan bisa lanjut naik taksi bluebird hingga tujuan akhir. Integrasi layanan ini diharapkan mampu meningkatkan minat pengguna jasa karena perjalanan menjadi semakin efisien. 

“Inovasi ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI. Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi perusahaan, 16 September 2020.

Pelanggan akan mendapatkan pilihan untuk memesan layanan taksi Bluebird pada saat pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi.

Multi-channel booking Bluebird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng).

Ke depannya, layanan ini akan dikembangkan juga untuk melayani kebutuhan layanan taksi penumpang untuk melakukan perjalanan dari lokasi penjemputan awal menuju ke stasiun keberangkatan.

Selain layanan penumpang, kerja sama dengan Bluebird juga menyasar untuk pelanggan Rail Express. Saat mengantarkan barang ke Loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird.

"Hal ini memudahkan, karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah, dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga,” tambah Didiek.

Dan selain kerja sama di atas,  KAI dan Bluebird akan membagikan 1.945 vocer potongan harga senilai 15 ribu rupiah. Voucher ini bisa dipakai untuk menggunakan taksi Bluebird melalui KAI Access dari stasiun kedatangan menuju ke tempat tujuan akhir. 

Program tersebut berlaku mulai dari 16 September 2020 hingga 1.945 voucher dibagikan habis ke para pelanggan. Pembagian dilakukan di empat stasiun KAI di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Baca juga:Semester 1 2020, Pendapatan Angkutan Barang KAI Meningkat 43%