Kembangkan Pemasaran UMKM Binaan, WIKA Luncurkan WIKa Smart Block

Kembangkan Pemasaran UMKM Binaan, WIKA Luncurkan WIKa Smart Block
WIKA luncurkan WIKA Smart Block (Sumber: dok. WIKA)

PT Wijaya Karya (persero) Tbk atau WIKA meluncurkan WIKA Smart Block (WSB).  Digital platform yang menjadi media promosi dan monitoring UMKM binaan WIKA ini diwujudkan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Direktur QHSE WIKA Rudy Hartono menjelaskan bahwa kehadiran WIKA Smart Block ini akan mendukung kegiatan pembinaan perseroan terhadap UMKM binaan. Selain itu, platform ini juga bisa menjadi wadah promosi bagi UMKM tersebut.

"Konsep WIKA Smart Block akan meliputi pembuatan stand dengan sistem knockdown dan moveable. Hal itu digelar secara terintegrasi dengan dukungan social media exposure dan aktivasi digital platform," terangnya dalam rilis resmi perusahaan, 28 April 2021.

Ia melanjutkan bahwa nantinya produk-produk UMKM binaan WIKA dapat diakses melalui wikasmartblock.com. Ini memudahkan WIKA untuk mengukur perkembangan UMKM tersebut sekaligus memudahkan masyarakat umum untuk melihat hasil UMKM.

"Mitra Binaan juga akan mendapatkan pelatihan intensif secara berkala setiap 3 bulan dalam 1 tahun," lanjut Rudy. 

Pelatihan tersebut diharapkan mampu menciptakan daya tarik sekaligus mendorong kinerja pemasaran UMKM. Setelah "naik kelas" dalam pemasaran, maka goal selanjutnya adalah menjangkau pasar yang lebih luas. 

Koordinator Pengembangan Bidang TJSL Kementerian BUMN, Teddy Purnomo menyampaikan apresiasi terhadap peluncuran WIKA Smart Block ini. Menurutnya, WSB merupakan bentuk implementasi Corporate Shared Value (CSV) yang diterapkan WIKA dalam menciptakan nilai bersama, antara perusahaan dan UMKM Mitra Binaan.

"Semoga ke depan kita harapkan pembinaan UMKM Indonesia menjadi nyata, terstruktur dan terukur dengan adanya WSB," tuturnya.

Baca juga: Selama Pandemi 2020, WIKA Raup Untung 322,34 Miliar Rupiah