Kalbe Group dan BPOM Teken Nota Kesepakatan Pengawasan Obat dan Makanan melalui e-Commerce

Kalbe Group dan BPOM Teken Nota Kesepakatan Pengawasan Obat dan Makanan melalui e-Commerce
Kalbe Group dan BPOM Teken Nota Kesepakatan Pengawasan Obat dan Makanan melalui e-Commerce/Sumber: Kalbe Group

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya PT Medika Komunika Teknologi (Klikdokter), melakukan penandatangan nota kesepakatan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang pengawasan peredaran, pengiriman, promosi dan iklan penjualan obat dan makanan melalui sistem elektronik (e-commerce), Jumat 18 Oktober 2019.

Nota kesepakatan ditandatangani oleh Direktur Utama PT Medika Komunika Teknologi (Klikdokter) Dino Bramanto dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K. Lukito (BPOM) bersama dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) dan Platform di Kantor Badan POM, Jakarta.

“Kalbe sebagai perusahaan farmasi sangat mendukung program pengawasan obat-obatan yang dilakukan oleh BPOM melalui sistem elektronik, salah satunya melalui portal kesehatan Klikdokter.com yang kami miliki,” ujar Dino Bramanto, Direktur Utama PT Medika Komunika dalam keterangan resmi.

Menurut Dino, tujuan dari nota kesepakatan ini adalah untuk meningkatkan komitmen, berkoordinasi, dan kerja sama antara BPOM dan Klikdokter dalam rangka pengawasan peredaran, pengiriman, promosi dan iklan penjualan Obat dan Makanan pada perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce).

Dalam kesepakatan ini, BPOM dan Klikdokter akan melakukan antara lain, pertukaran data dan informasi di bidang pengawasan Obat dan Makanan serta data mitra sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Klikdokter juga akan melakukan himbauan kepada mitra klikdokter agar produk Obat dan Makanan yang direkomendasikan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan. Klikdokter akan menayangkan informasi Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan; dan penyelenggaraan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait Obat dan Makanan.

Adapun Obat dan Makanan yang termasuk dalam pengawasan sistem elektronik meliputi: obat (tidak termasuk narkotika, psikotropika); obat tradisional; suplemen kesehatan; obat kuasi; kosmetika; dan pangan olahan untuk keperluan gizi khusus (pangan olahan untuk keperluan medis khusus dan pangan diet khusus).

Baca juga: Kalbe Group Kenalkan Platform Transportasi Digital Kesehatan