KAI Tambah Frekuensi Perjalanan KA Ciremai

KAI Tambah Frekuensi Perjalanan KA Ciremai
Antrean penumpang kereta api yang hendak mudik ke kampung halaman /Sumber: Official Instagram Account KAI

Guna memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi akan layanan transportasi kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah frekuensi perjalanan KA Ciremai (Bandung – Semarang Tawang pp) mulai 1 Juni 2019, yaitu KA 12988 (Bandung – Semarang Tawang) dan KA 12899 (Semarang Tawang – Bandung).

“Minat masyarakat untuk menggunakan kereta api Ciremai sangat positif. Rata-rata okupansi KA Ciremai mencapai 112%,” ujar EVP Daop 2 Bandung, Saridal dalam keterangan resmi, baru-baru ini.

Dengan adanya penambahan ini, total perjalanan KA Ciremai menjadi 4 KA per hari dari sebelumnya 2 KA per harinya yaitu KA 97 dan 98 . Kini, KA Ciremai akan diberangkatkan dari Stasiun Bandung dan Semarang Tawang pada pagi serta sore setiap harinya.

Baca juga: Pastikan Perjalanan Angkutan Lebaran Lancar, KAI Daop 1 Jakarta Turunkan 4.000 Personel

Setiap rangkaian KA Ciremai 2 akan membawa 4 Kereta Eksekutif dan 4 Kereta Bisnis. Total tempat duduk yang disediakan oleh KA Ciremai 2 adalah 456 tempat duduk.

Saridal menilai peminat untuk rute dari Bandung menuju Cirebon, Semarang, atau sebaliknya cukup tinggi sehingga perlu dilakukan penambahan jadwal.

Tiket KA Ciremai 2 sudah bisa dipesan sejak 24 Mei di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan KAI. Adapun tarif KA Ciremai 2 sama seperti KA Ciremai eksisting dengan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

Saridal berharap, penambahan jadwal KA Ciremai ini mempermudah masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api.

“Dengan adanya KA Ciremai 2 ini, semoga lebih banyak masyarakat yang dapat terlayani oleh KAI, dan dapat mudik menggunakan kereta api,” pungkasnya.  

Baca juga: KAI Bersama Komunitas Sosialisasi Keselamatan di Pelintasan Sebidang