Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Ketua Pelaksana Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Ketua Pelaksana Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19
Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19

Pemerintah membentuk Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. Gugus tugas tersebut tak hanya akan fokus pada penanganan Covid-19 tetapi juga pada kebangkitan ekonomi nasional.

Gugus Tugas dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dibantu oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Sementara untuk pelaksana harian, Joko Widodo menunjuk Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai ketua pelaksana.

Erick Thohir akan memimpin dan berkoordinasi dengan Doni Munardo sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Budi Gunadi Sadikin. Wakil Menteri BUMN tersebut ditunjuk sebagai Ketua Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi.

Dibentuk hari ini, 20 Juli 2020, Erick bersama tim mengaku akan ngebut bekerja untuk segera membuahkan berbagai program strategis. Bahkan hari ini, sudah dilakukan meeting koordinasi.

“Kami harapkan minggu ini sudah dapat menyampaikan program kepada ketua tim yaitu Pak Menko. Dan minggu depan kita bisa segera paparkan kepada Bapak Presiden,” ungkap Erick dalam konferensi pers di Jakarta, 20 Juli 2020.

Ia menambahkan bahwa meskipun ini adalah tugas yang berat, tetapi juga sebuah sinyal yang positif bahwa tim kesehatan dan ekonomi bisa berjalan beriringan.
“Kami berjanji akan bekerja keras dan bersinergi dengan berbagai kementerian sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) masing-masing menteri,” lanjutnya.

Lalu, terkait dua aspek yakni kesehatan dan ekonomi, manakah yang akan didahulukan Erick? Menteri BUMN ini menegaskan bahwa keduanya akan berjalan beriringan dan tidak ada yang lebih diprioritaskan.

“Saya rasa tidak ada yang perlu dipisahkan atau dikerjakan lebih awal. Misal dari Pak Doni ada dua atau tiga program, dari Pak Budi dua tiga program, maka program ini kita sinergikan,” tandas Erick.

Baca juga: Optimalkan Ekspansi BUMN ke Pasar Global, Erick Thohir Gandeng Kementerian Luar Negeri