Jasindo Rampungkan Pembayaran Klaim Kebocoran Pipa Milik PGN

Jasindo Rampungkan Pembayaran Klaim Kebocoran Pipa Milik PGN

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo membuktikan komitmennya selaku perusahaan asuransi dengan menyelesaikan pembayaran klaim atas kebocoran pipa transmisi South Sumatera-West Java (SSWJ) milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN.

Direktur Teknik dan Luar Negeri Asuransi Jasindo Syarifudin mengatakan, pembayaran klaim atas pipa transmisi ini dilakukan secara bertahap, dengan total pertanggungan sebesar US$47,38 juta atau sekitar Rp615,94 miliar (kurs 13.000).

Pada Juni 2015 lalu, Jasindo telah membayarkan klaim sebesar US$8,36 juta kepada PGN, dan dilanjutkan pembayaran kedua sebesar US$27,9 juta pada bulan Mei 2016.

“Terakhir, final settlement-nya kami bayarkan US$9,5 juta pada September 2016,” kata Syarifudin, Senin (21/11/2016).

Selain membayar klaim pipa SSWJ senilai US$46,2 juta, Syarifudin menyampaikan, Jasindo juga membayarkan klaim untuk asuransi kompersor Pagar Dewa senilai US$1,18 juta. Dengan demikian, total pertanggungan yang dibayarkan sejumlah US$47,38 juta atau sekitar Rp615,94 miliar.

Syarifudin mengatakan, sesuai kontrak polis yang sudah disepakati, dan umum dilakukan untuk sektor minyak dan gas bumi, pembayaran klaim dilakukan setelah ada pembangunan aset kembali oleh klien bersangkutan.

Direktur Keuangan PGN Nusantara Suyono mengatakan, insiden kebocoran pipa yang terjadi pada 21 Mei 2013 telah sukses ditanggulangi dan diselesaikan pada November 2015.

“Untuk itu, kami apresiasi Jasindo selaku perusahaan asuransi atas kelancaran klaim pembayaran pipa SSWJ sekaligus menyelesaikan klaim kompresor dengan nilai US$47,38 juta. Selanjutnya kami harap tidak ada masalah berarti ke depan,” kata Nusantara. (DD)