Jasa Marga: Volume Kendaraan Arus Balik Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Jasa Marga: Volume Kendaraan Arus Balik Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah
Volume kendaraan arus balik Lebaran 2019 capai rekor tertinggi sepanjang sejarah. (Sumber: Jasa Marga)

Volume kendaraan saat arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai rekor tertinggi di H+3. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat terdapat 166.574 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah timur, yaitu Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon dan Bandung. Angka tersebut meningkat hampir tiga kali lipat dari volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 67.345 kendaraan.

Tingginya angka tersebut, menurut Jasa Marga, merupakan rekor tertinggi di sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia. Pada Lebaran 2018, korporasi mencatat hanya ada 130.125 kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Lalin mudik dari arah timur, tambah korporasi, merupakan kontribusi lalin arus balik di dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama. GT tersebut adalah GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. 

Baca juga: Jasa Marga Hadirkan Layanan Ekstra untuk Pemudik di Rest Area

Corporate Secretary M. Agus Setiawan menjelaskan untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal, Jasa Marga mengoperasikan total gardu operasi hingga empat kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas. Sebagai contohnya adalah 33 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Cikampek Utama dan 25 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Kalihurip Utama,” jelas Agus.

Baca juga: Sampai H-1 Lebaran 2019, Jasa Marga Mencatat 1,2 juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta