Jasa Marga Raih The Best Indonesia Risk Management 2019

Jasa Marga Raih The Best Indonesia Risk Management 2019
Jasa Marga Raih The Best Indonesia Risk Management 2019/Sumber: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meraih penghargaan Indonesia Enterprise Risk Management Award (IERMA) III-2019 dengan peringkat satu The Best Indonesia Risk Management 2019 untuk kategori Public Company (State Owned Enterprises — BUMN — Persero).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri IERMA Dr. Dewi Hanggraeni kepada Risk & Quality Management Group Head Jasa Marga Mery Natacha Panjaitan dan dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN M. Khoerur Roziqin dan Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK M. Ihsanuddin di Bali, Sabtu 3 Agustus 2019.

Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan yang telah sukses menjalankan Penerapan Manajemen Risiko dengan baik.

Baca juga: Semester I 2019, Jasa Marga Catat EBITDA Sebesar Rp 3,34 Triliun

"BUMN membutuhkan praktisi-praktisi ahli di bidang manajemen risiko yang memiliki fungsi menjaga BUMN sehingga dapat menjadi BUMN yang tangguh di setiap kondisi terlebih di era disruption saat ini,” jelas Roziqin dalam keterangan resmi, Minggu 4 Agustus 2019.

Ihsanuddin berharap, acara pemberian penghargaan yang dilakukan ini dapat menjadi pemicu bagi seluruh industri agar dapat mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam hal penerapan risk management.

Prestasi ini diraih oleh Jasa Marga berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari berbagai pakar dan praktisi di berbagai institusi, terhadap kinerja perusahaan dalam mengelola risiko. Di antaranya adalah bagaimana Perusahaan dapat mengidentifikasi sumber risiko serta mengukur besarnya risiko perusahaan. Selain itu, sebuah perusahaan harus memiliki kebijakan dan prosedur manajemen risiko serta menetapkan batasan risiko.

Menyikapi hal ini, Mery menambahkan akan terus meningkatkan peranannya dalam pengembangan penerapan Enterprise Risk Management di Jasa Marga.

“Hal ini juga selaras dengan komitmen manajemen Jasa Marga, salah satunya dengan selalu berinovasi dalam metode sosialisasi manajemen risiko secara berkala sebagai upaya meningkatkan risk awareness di Jasa Marga, karena risiko bukan sesuatu yang harus dihindari tetapi harus dihadapi secara tepat dengan mitigasi yang akurat,” jelas Mery.

Penghargaan yang diraih dari IERMA III-2019 ini sekaligus menambah deretan penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga. Termutakhir pada akhir Juli lalu, Jasa Marga meraih apresiasi pencapaian terbaik untuk Manajemen Layanan Informasi Yang Informatif, Inovatif dan Responsif dari Pemerintah RI pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Baca juga: Jasa Marga Intens Sosialisasikan Pemberlakuan Tarif Tol Gempol-Pandaan dan Pandaan-Malang