Jamkrindo Catat Volume Penjaminan Rp126 Triliun

Jamkrindo Catat Volume Penjaminan Rp126 Triliun

Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia atau Perum Jamkrindo, berhasil mencatatkan volume penjaminan yang cukup baik sampai September 2018, dengan total Rp126 triliun. Porsi terbesar 80% atau Rp85,18 triliun diperoleh dari penjaminan non KUR dan sisanya Rp41,30 triliun merupakan penjaminan KUR.

Sementara total aset Jamkrindo tercatat sebesar Rp15,51 triliun dengan jumlah ekuitas sebesar Rp11,09 triliun.

 

 

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto, mengatakan bahwa setiap tahunnya Jamkrindo berupaya meningkatkan kapasitas penjaminan kreditnya yang sejalan dengan peningkatan jumlah UMKM yang di jamin. Menurutnya, dari tahun 2008 hingga Juni 2018, Jamkrindo telah menjamin banyak UMKM.

 

 

“Dalam 10 tahun terakhir, jumlah UMKM yang telah dijamin Perum Jamkrindo dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai lebih dari 21 juta UMKM,” kata Randi, dalam keterangan tertulisnya yang dilansir, Senin (5/11/2018).

 

 

Randi menambahkan, Jamkrindo hadir memberikan penjaminan kredit untuk memudahkan pelaku UMKM dalam memperoleh kredit dari bank maupun lembaga jasa keuangan non bank yang terkendala oleh agunan atau jaminan. Selain memberikan jaminan kredit, Perum Jamkrindo juga berinovasi dengan  melakukan pemeringkatan dan pendampingan kepada para UMKM.

 

 

Selain menjaminkan program KUR, lanjut Randi, Jamkrindo juga menjaminkan banyak produk lainnya, seperti penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit umum, penjaminan kredit multiguna, penjaminan kredit distribusi barang, penjaminan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

 

 

Di samping itu, jelas Randi, Jamkrindo juga menjadi penjaminan kredit kendaraan bermotor, penjaminan surety bond, penjaminan custom bond, penjaminan bank garansi atau kontra garansi, penjaminan supply chain financing, penjaminan fintech lending dan penjamin sistem resi gudang.

 

 

Untuk dapat memberikan diferensiasi, lebih lanjut, Randi mengatakan Jamkrindo memberikan nilai lebih dari sisi layanan, yakni kehandalan dan kemudahan pemrosesan penjaminan dan klaim serta pembinaan hubungan baik.

 

 

“Kami terus berinovasi untuk memberikan pelayanan luas dan berkualitas,” imbuh Randi.

 

 

Menurut Randi, sebagai perusahaan yang diberi mandat khusus oleh pemerintah untuk melakukan penjaminan bagi UMKM dan koperasi, Perum Jamkrindo telah lama menjadi tonggak pemberdaya UMKM dan koperasi.

 

 

Selain memberikan jaminan kredit, Perum Jamkrindo juga berinovasi dengan  melakukan pemeringkatan dan juga memberikan pendampingan kepada para UMKM.(DD)