IRDC, Petrotrade Laos dan HT Investment Vietnam Teken Joint Development Agreement

IRDC, Petrotrade Laos dan HT Investment Vietnam Teken Joint Development Agreement
Penandatanganan Joint Development Agreement antara IRDC, Petrotrade Laos dan HT Investment Vietnam/Sumber: INKA

IRDC (Indonesia Railways Development Consortium) melaksanakan penandatanganan Joint Development Agreement dengan Petroleum Trading Lao Public Company, Laos dan HT Investment Construction Management Co Ltd, Vietnam.

Penandatanganan ini disaksikan langung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk negara Laos Pratito Soeharyo, Menteri untuk Kantor Perdana Menteri Laos Alounkeo Kittikhoun, serta Deputy Minister of Planning and Investment Madam Khamchan Vongseneboun di Vientiane, Laos, selasa 15 Oktober 2019.

Dikutip dari keterangan resmi PT INKA, Konsorsium Indonesia yang beranggotakan 4 BUMN antara lain PT INKA (Persero), PT LEN (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT KAI (Persero), diwakili oleh Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro ini nantinya akan menggarap pembangunan sarana dan prasarana kereta api, dari Thakhek District, Laos menuju Vung Ang Port Vietnam sepanjang 195 km.

Menurut rencana, nilai kerja sama tersebut dikatakan sebagai yang terbesar dalam hubungan Indonesia dan Laos, yaitu Rp28 triliun.

Kerja sama ini merupakan momentum bersejarah bagi Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Laos, karena selain merupakan kerja sama di bidang infrastruktur yang pertama, juga merupakan kerja sama yang memiliki nilai terbesar dalam hubungan kedua negara.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan implementasi dari pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Thongloun Sisoulith pada 2017 di Jakarta, dalam perayaan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Laos.

Penandatanganan ini juga menindaklanjuti kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Laos pada 24-26 Juni 2019 dan kunjungan untuk Kantor PM Laos, Aloukeo Kittikhoun pada Agustus 2019 lalu. Di mana, MoU tersebut berisi kesepakatan para pihak untuk pengembangan logistik dan infrastruktur di Laos.

Selain penandatanganan Joint Development Agreement, juga dilaksanakan penandatanganan MoU Complete the Detailed Design Railway Project Laos-Vietnam antara Pemerintah Republik Demokratik Laos dengan Petroleum Trading Lao Public Company, Laos.

Baca juga: 4 BUMN Ini Bidik Pasar Kereta Api Afrika